Penjelasan dari Penelitian Kenapa Ngupil Jadi Kegiatan yang Asik dan Bikin Ketagihan ...

Penjelasan dari Penelitian Kenapa Ngupil Jadi Kegiatan yang Asik dan Bikin Ketagihan ...

Ngupil mungkin terlihat menjijikkan oleh sebagian orang. Padahal, aktivitas memasukkan jari ke dalam lobang hidung ini selalu bikin ketagihan. 

Ngupil adalah kegiatan paling manusiawi yang asik banget. Biar gak dikatain jorok, coba segera ngupil setelah mandi. Setiap hari juga pasti kita lakukan, minimal sekali. 

Etapi, udah pada tau belom kenapa ngupil itu bisa terasa enak? Kalo gitu, ini dia penjelasan kenapa ngupil jadi kegiatan yang asik dan bikin ketagihan.

#1 Bahasa ilmiah ngupil "rhinotillexomania"

#1 Bahasa ilmiah ngupil "rhinotillexomania" Istilah untuk ngupil adalah 'rhinotillexomania' (freepik.com)


Sebuah penelitian tentang ngupil pertama kali dilakukan oleh Thompson dan Jefferson tahun 1955. Mereka mengirim survei kepada para penduduk dewasa di Dane, Wisconsin, Amerika Serikat.

Dari survei itu didapat bahwa 91% responden emang rutin mengupil. 1,2% lainnya mengatakan bahwa mereka melakukannya minimal sekali dalam satu jam. Sebagian lain bahkan dijuluki si tukang ngupil.

Ada juga tuh yang saking seringnya, nasal septum alias jaringan tipis yang memisahkan jalur lubang hidung kanan dan kiri seseorang sampe robek. Jadi, hati-hati ya gengs.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"