Apa Sih Fungsi Upil Buat Hidung Kita?

Apa Sih Fungsi Upil Buat Hidung Kita?

Upil kelihatannya sepele banget ya. Tapi apa sih fungsi upil buat hidung kita?

Setiap detik, kita bernapas lewat hidung kita. Dalam setiap proses menghidup udara itu, banyak kotoran-kotoran yang masuk ke dalam tubuh kita.

Sebagian orang mungkin merasa nggak nyaman ketika hidungnya kotor. Ketika kotoran itu berkumpul, jadilah upil.

Ngupil dulu gengs~ (scmp.com)

Sebenarnya ini manusiawi kok, nggak usah berpikir bahwa ini adalah hal yang menjijikkan. Sebab, tahukah kalian kalo ternyata upil juga punya manfaat buat hidung kita?

Bukannya menjijikkan, upil tuh ternyata bisa menunjukkan bahwa sistem kerja dalam hidung kita masih berfungsi dengan baik. Kita sama-sama tau bahwa kualitas udara di kota-kota besar di Indonesia kurang baik. Apalagi di ibu kota yang indeks kualitas udaranya tergolong buruk.

Udara yang selalu kita hirup mengandung banyak komponen yang sangat kecil. Mulai dari oksogen, nitrogen, debu, polusi, bakteri, virus, dan sebagainya.

Hidung kita akan melakukan mekanisme penyaringan dengan lapisan lendir dan silia, atau rambut halus yang ada di dalam hidung kita.

Selama kita bernapas, banyak benda asing yang masuk lewat hidung (medicalnewstoday.com)

Benda-benda asing itu akan menempel di rongga hidung. Selanjutnya, mereka akan mengering menjadi upil. Makanya, serangga kecil sampe kulkas gak bakal masuk ke dalam hidung kita. Hehehe.

Seperti dikutip dari CNN Indonesia, kumpulan upil yang kering atau yang masih basah lama-lama akan terdorong ke tenggorokan. Bahkan, bisa juga tertelan. 

Kalo upilnya gak pernah kita korek, mereka akan tertelan dan masuk ke dalam perut. Perut manusia sih punya toleransi yang lebih tinggi ketimbang paru-paru kita.

Tapi sayangnya, kita sering terganggu dengan upil yang sering mengganjal di lubang hidung kita. Jadilah kita ngupil di sela-sela waktu luang kita, terus dipeperin di bawah meja atau kursi. Idih~



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"