Mas Kawin Terniat Sepanjang Sejarah Pernikahan Indonesia, Niat Nahan Malunya!

Mas Kawin Terniat Sepanjang Sejarah Pernikahan Indonesia, Niat Nahan Malunya!

Ini nih mas kawin terniat sepanjang sejarah pernikahan di Indonesia ....

Kalian mungkin kerap dengar mas kawin yang mahal-mahal seperti mobil, emas, hingga rumah. Sungguh niat banget mempersunting pasangan sampai keluar materi sebanyak itu. 

Tetapi jangan salah, niat seseorang untuk menjalin rumah tangga nggak selamanya dinilai lewat materi. Mental calon kerap dipandang sebelah mata. Padahal ini justru yang paling penting.

Seperti keteguhan mental yang ditunjukan dua pasang pengantin di bawah ini. Masing-masing kuat menahan rasa malu, mungkin bagi sejumlah orang, karena menikah dengan mas kawin yang unik. Yakni segelas air putih dan ikan cupang.

Akad nikah (rakyatnews.co.id)

Pernikahan dengan mas kawin 'terniat' ini berhasil diabadikan akun Instagram @ulama.nusantara dalam bentuk video. Sehingga bisa didengerin bagaimana janji ijabnya disampaikan. Kedengeran tuh berapa mas kawin yang disebutkan pihak laki-laki. 

Pasangan mempelai yang pertama bernama Supriyanto dan Siti Mariatun, putri Bapak Rohadi. Tidak disebutkan dari mana mereka berasal. Tapi dari pakaian yang mereka kenakan, pasangan ini kalau tidak dari Jawa ya Sunda.

https://www.instagram.com/p/B1fK3hvJEOm/

Supriyanto, mengenakan setelan jas berwarna hitam, dan Siti, memakai gaun pengantin berwarna putih, duduk bersebelahan. Terlihat pula seorang laki-laki yang duduk di belakang mereka. Kemungkinan besar ia adalah wali nikah.

Supriyanto nampak mantap mengucapkan sumpah pernikahan. Termasuk saat mangatakan bahwa mas kawin mereka adalah segelas air putih. 

Air putih (halodoc.com)

Meskipun segelas air putih itu bisa didapatkan di mana saja, Siti Mariatun tak terlihat kecewa dengan mas kawin yang diberikan oleh laki-laki yang kini sah sebagai suaminya. 

Sungguh keteguhan mental yang besar dari keduanya. Dan mas kawin tersebut seperti menjadi simbol bahwa pernikahan ini akan tahan dari segala macam permasalahan, seperti minimnya materi yang jamak dirasakan manten anyar.

Mas Kawin Ikan Cupang

Mas kawin oleh pengantin yang kedua pun tak kalah mengejutkan. Pria bernama Arif Hidayat ini memang sedikit modal ketika ia menikahi Warni binti Bahroji. Ia memberikan uang sebesar Rp 561.200 sebagai mas kawin.

Namun tak hanya uang, Arif, yang mengenakan jas hitam, juga menyebutkan mas kawin lain yang bikin heboh. Yakni sepasang ikan cupang untuk Warni yang bergaun coklat. Ikan tersebut diletakkan dalam kotak kaca kecil disamping meja akad nikah.

Ikan cupang (farmbos.com)

Tidak diketahui apa profesi Arif ini. Apakah ia seorang pengusaha akuarium atau memang menggemari ikan cupang. Tetapi mas kawin hewan peliharaan bisa dijadikan simbol bahwa pernikahan mereka memang dilaksanakan untuk memelihara sesuatu.

Bagaimana gengs dengan kedua mas kawin di atas? Apakah kalian pernah mendengar mas kawin lain yang serupa kocaknya. Tapi memang mas kawin ini, meskipun sederhana, terlihat sangat niat sih. Niat menahan rasa malu demi niatan berkeluarga yang memang butuh niat yang besar.

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"