Wajib Tahu, Ini 5 Trik Hemat ala Ibu Rumah Tangga Jepang

Wajib Tahu, Ini 5 Trik Hemat ala Ibu Rumah Tangga Jepang

Sebagai ibu rumah tangga, kita memiliki peran yang sangat penting dalam mengelola kondisi keuangan keluarga. Agar tidak menjadi besar pasak daripada tiang, perlu sekali menerapkan pola hidup hemat.

Salah satu cara yang bisa ditiru adalah cara berhemat ibu rumah tangga di Jepang. Para ibu rumah tangga di Jepang terkenal sangat berhati-hati pada setiap pengeluaran mereka. Bagaimana caranya? Berikut 5 trik hemat ala ibu rumah tangga Jepang:

1. Membuat Anggaran Bulanan

1. Membuat Anggaran Bulanan Hemat ala Ibu Rumah Tangga Jepang (via Cantika)

Para ibu di Jepang sudah terbiasa membuat anggaran bulanan secara rutin. Catatan anggaran ini dikenal dengan istilah kakeibo. Pencatatan ini dimulai dari pengeluaran rutin, seperti biaya sewa tempat tinggal dan uang cicilan rumah. Dialokasikan juga dana tabungan yang tetap sedari awal, jadi tabungan bukannya menunggu adanya uang sisa.

Nantinya, selisih pendapatan total dengan pengeluaran rutin dan dana tabungan akan dialokasikan untuk pengeluaran kategorial. Kategori tersebut terdiri atas kebutuhan primer (makanan, minuman, transportasi, dan obat-obatan), kebutuhan sekunder (seperti belanja), kebutuhan tersier (seperti bioskop), dan biaya tak terduga (seperti perbaikan rumah).

Uniknya, para ibu Jepang ini memasukkan uang tunai senilai jumlah pengeluaran ke dalam amplop terpisah. Jadi mereka hanya akan membelanjakan uang di amplop yang sesuai.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"