Wajib Diperhatikan! 5 Tips Puasa Untuk Ibu Hamil Agar Ibu dan Bayi Tetap Sehat

Wajib Diperhatikan! 5 Tips Puasa Untuk Ibu Hamil Agar Ibu dan Bayi Tetap Sehat

Beberapa ibu hamil  masih ragu untuk menjalankan ibadah puasa . Sebab, mereka takut kalau nutrisi untuk calon anak di dalam kandungannya kekurangan dan akhirnya bisa mengganggu perkembangannya. Sebenarnya, dalam Islam sudah mengatur tentang hal ini. Bumil  atau ibu hamil diberikan kelonggaran untuk tidak diwajibkan puasa di bulan Ramadhan.

Mereka diperbolehkan untuk mengganti puasa atau membayar fidyah di lain waktu dalam bentuk sedekah. Tapi kalau kamu dalam kondisi baik, maka diperbolehkan untuk ikut berpuasa. Walau begitu, ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan agar puasa berjalan lancar. Berikut 5 tips puasa untuk ibu hamil.

1.    Buat Agenda Makanan

Foto: Tips Puasa Untuk Ibu Hamil (Kompas)

Bumil disarankan untuk membuat agenda makanan dengan mencatat menu dan makanan apa saja yang dikonsumsi setiap harinya. Catatan ini bisa membantu dokter untuk memastikan kesehatan ibu hamil. Selain itu, bumil juga harus memenuhi kebutuhan nutrisi dengan mengonsumsi makanan sehat.

Ibu hamil yang berpuasa juga disarankan untuk memperbanyak konsumsi makanan tinggi serat seperti biji-bijian, kacang-kacangan, sayur, dan buah setelah berbuka puasa. Makanan itu juga berguna untuk mencegah terjadinya sembelit saat puasa.

2.    Selektif Memilih Makanan Untuk Dikonsumsi

Tips berikutnya adalah memperhatikan makanan yang dikonsumsi. Bumil harus lebih selektif memilih makanan yang dikonsumsi saat berbuka maupun sahur. Ibu hamil disarankan untuk sangat membatasi konsumsi makanan yang mengandung gula tinggi. Sebab, hal ini bisa meningkatkan dan menurunkan kadar gula darah dengan cepat, sehingga membuat bumil cepat lelah.

Untuk mengembalikan energi setelah buka puasa, ibu hamil sebaiknya mengonsumsi jus tanpa gula ataupun buah. Setelahnya, baru mengonsumsi makanan berat yang bernutrisi. Sementara untuk sahur, kamu bisa makan makanan yang mengandung karbohidrat kompleks seperti gandum utuh dan makanan yang kaya serat seperti sayuran. Ini karena makanan tersebut bisa melepaskan energi secara perlahan.

3.    Penuhi Kebutuhan Cairan



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"