Amankah Diet Keto Untuk Ibu Hamil? Simak Ulasannya, Yuk!

Amankah Diet Keto Untuk Ibu Hamil? Simak Ulasannya, Yuk!

Salah satu metode menurunkan berat badan yang cukup populer di kalangan masyarakat adalah diet keto. Diet ini disebut-sebut cukup efektif bagi sejumlah orang sehingga banyak yang mempraktikannya, termasuk para ibu hamil. Namun, apakah diet ini boleh dilakukan oleh Ibu hamil? Simak, ulasannya yuk!

Ibu hamil membutuhkan banyak asupan nutrisi seimbang, mulai dari karbohidrat, protein, vitamin, dan juga mineral. Sementara diet keto membatasi jenis makanan tertentu dengan jumlah tertentu, termasuk salah satunya karbohidrat. Dilansir dari Harvard Health Publishing, jumlah nutrisi yang dibutuhkan oleh seseorang yang melakukan diet keto adalah sebagai berikut:

- 75% lemak / 165 gram

- 15% protein / 75 gram

- 10% karbohidrat / 40 gram

Diet keto memiliki prinsip rendah karbohidrat yang bertujuan untuk menurunkan berat badan. Tentunya hal tersebut tidak boleh dilakukan oleh ibu hamil. Penurunan jumlah kadar karbohidrat dalam tubuh ibu hamil bisa memengaruhi berat badan dan perkembangan janin dalam kandungan, lho Bunda.

Bolehkah Ibu Hamil Diet (Orami)

Diet keto juga cenderung mengonsumsi lemak dengan jumlah tinggi, serta membatasi jumlah konsumsi makanan yang mengandung sayur, buah, dan serat. Padahal, tiga kandungan itu sangat dibutuhkan oleh ibu hamil. Lalu, apakah diet keto aman untuk ibu hamil?

Menurut American Pregnancy Association (APA), ibu hamil tidak disarankan melakukan diet untuk menurunkan berat badan. Saat hamil, jumlah kalori yang dibutuhkan setiap harinya minimal 300 kalori. Maka sudah sewajarnya berat badan ibu hamil meningkat karena konsumsi makanannya bertambah, dan ada bayi di dalam kandungan.

Justru yang perlu diwaspadai adalah jika berat badan menurun saat hamil. Sebab, bisa jadi berat badan bayi tidak bertambah akibat kekurangan nutrisi sehingga dapat membahayakan perkembangan bayi. Nutrisi yang dibutuhkan ibu hamil dapat diperoleh melalui kalsium, iodin, vitamin A, vitamin D, vitamin B6, vitamin B12, dan folic acid.

 



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"