Terungkap! Ini Penyebab Nyeri Haid Lengkap Cara Mengatasinya Yang Mudah

Terungkap! Ini Penyebab Nyeri Haid Lengkap Cara Mengatasinya Yang Mudah

Beberapa wanita mulai khawatir saat mendekati masa-masa menstruasi . Pasalnya, mereka harus mengalami nyeri haid  atau yang juga disebut dismenore. Rasa sakit perut di bagian bawah ini bisa tidak begitu menyiksa pada sebagian wanita.

Tapi ada beberapa dari mereka yang merasakan nyeri haid yang sangat tidak tertahankan hingga menganggu aktivitas mereka. Sebenarnya apa yang menjadi penyebab nyeri haid? Bagaimana cara yang dilakukan untuk mengatasinya? Berikut penjelasannya!

Dikutip dari laman Alodokter, nyeri haid yang dirasakan wanita bisa disebabkan oleh beberapa hal salah satunya dikarenakan adanya kontraksi otot pada rahim. Saat menstruasi, dinding rahim akan meluruh dan berkontraksi lebih kencang untuk mengeluarkan sel telur yang tidak dibuahi.

Foto: Nyeri Haid (Alodokter)

Keluarnya sel telur dan jaringan dinding rahim inilah yang menyerupai darah haid. Kontraksi ini juga yang menekan pembuluh darah yang mengelilingi rahim sehingga memutus suplai darah dan oksigen ke dalam rahim.

Hal ini pun menyebabkan jaringan rahim melepaskan bahan kimia yang menimbulkan rasa nyeri, seperti prostaglandin, di mana zat tersebut membuat otot rahim berkontraksi makin kencang. Zat ini juga bisa menimbulkan keluhan lain saat menstruasi seperti mual, mulas, lemas, dan sakit kepala.

Setelah menstruasi selesai, jumlah prostaglandin akan berkurang, sehingga nyeri haid dan gejala lainnya bisa mereda dengan sendirinya. Tapi jika rasa nyeri di perut tidak juga mereda bisa disebabkan oleh beberapa penyakit atau kondisi seperti endometriosis, radang panggul, adenomiosis hingga miom.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"