Siklus Haid Gak Lancar? Lakukan 7 Cara Alami Agar Rutin Menstruasi Tiap Bulan

Siklus Haid Gak Lancar? Lakukan 7 Cara Alami Agar Rutin Menstruasi Tiap Bulan

Siklus menstruasi dihitung dari hari pertama menstruasi hingga hari pertama menstruasi berikutnya. Siklus menstruasi rata-rata adalah 28 hari, tetapi ini dapat bervariasi, tergantung hormon dan kondisi fisikmu.

Haidmu masih dianggap teratur jika datang setiap 24 hingga 38 hari. Sementara itu, menstruasimu dianggap tidak teratur jika waktu antar periode terus berubah dan menstruasimu datang lebih awal atau lebih lambat.

Jika ternyata menstruasimu tidak teratur, gak perlu khawatir. Ada solusi yang dapat kamu coba di rumah untuk mengembalikan siklusmu ke jalur yang benar. Baca terus  artikel ini sampai akhir untuk mengetahui 7 pengobatan rumahan untuk melancarkan siklus haidmu.

Fisiologi Siklus Haid Normal (youtube.com)

1. Pertahankan Berat Badan Ideal

Perubahan berat badan dapat memengaruhi siklus menstruasimu. Jika kamu kelebihan berat badan atau obesitas, menurunkan berat badan dapat membantu mengatur menstruasi ke siklus yang normal.

2. Lakukan Yoga

Yoga telah terbukti menjadi pengobatan yang efektif untuk berbagai masalah menstruasi. Sebuah studi di tahun 2013 dengan 126 peserta menemukan bahwa 35 hingga 40 menit yoga, 5 hari seminggu selama 6 bulan menurunkan kadar hormon yang terkait dengan menstruasi tidak teratur.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"