Pengin Diet? Begini Cara Menghitung Kalori Makanan biar Hasilnya Optimal

Pengin Diet? Begini Cara Menghitung Kalori Makanan biar Hasilnya Optimal

Sebelum mencari tahu tentang cara menghitung kalori makanan, kamu mungkin pernah bertanya-tanya, kenapa kalori pada makanan perlu dihitung? Seberapa banyak batasan kalori makanan yang aman dikonsumsi sehari-hari?

Dilansir dari laman Healthline, kalori merupakan ukuran energi untuk mengukur kandungan energi makanan dan minuman. Perhitungan kalori ini nantinya digunakan untuk mengetahui seberapa besar kalori yang dibutuhkan tubuh untuk melakukan kegiatan sehari-hari. Pasalnya, jumlah kalori yang berlebih akan disimpan menjadi lemak yang lambat laun akan menyebabkan penambahan berat badan.

Jadi salah satu alasan mengapa kalori makanan perlu dihitung adalah menghindari kenaikan berat badan yang tidak diinginkan sekaligus menjaga kesehatan.

Begini Cara Menghitung Kalori Makanan biar Hasilnya Optimal (Anlene)

Perlu diketahui sebelumnya bahwa kebutuhan kalori setiap orang berbeda-beda, tergantung dengan beberapa kondisi seperti usia, berat badan, dan aktivitas sehari-hari. Oleh karena itu, coba hitung kebutuhan kalori harianmu menggunakan beberapa pilihan kalkulator online seperti:

- My Fitness Pal

- Lose It!

- Fat Secret

- Cron-o-meter

Setelah mengetahui kebutuhan kalori harianmu, kini saatnya untuk mengetahui cara menghitung kalori makanan supaya jumlah kalori yang disantap tidak berlebihan. Dilansir dari laman Verywellfitm berikut tahapannya:

Perhatikan Nutrition Fact pada Kemasan

Jika kamu membeli makanan kemasan, jangan lupa untuk memeriksa kadar kalori pada tabelnutrition fact yang ada, terutama bagian karbohidrat, lemak, dan protein.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"