Peneltian Ungkap Penyebab Wanita Lebih Mudah Overthinking Ketimbang Pria

Peneltian Ungkap Penyebab Wanita Lebih Mudah Overthinking Ketimbang Pria

Perempuan dianggap sebagai sosok yang lebih mudah overthinking meskipun ada beberapa hal yang seringkali dianggap sepele. 

Terkadang, istilah perempuan gampang overthinking ini dianggap lelucon semata. Namun faktanya, sebuah studi dari Journal of Alzheimer's Disease mengungkapkan bahwa perempuan memang lebih gampang overthinking daripada pria. Ini dikarenakan otak perempuan yang memiliki lebih banyak aktivitas ketimbang pria.

Menurut survei dari peneliti di Amen Clinic California, otak perempuan lebih aktif pada area korteks frontal. Area inilah yang membuat fokus dan kontrol impuls, sekaligus area emosional limbik di otak berkaitan dengan mood perempuan.

Ilustrasi wanita yang overthinking (via healthline)

Selain itu, penelitian juga mengatakan kalo aliran darah lebih tinggi terjadi di otak perempuan dibandingkan laki-laki. Artinya, perempuan lebih cepat untuk berempati, kolaboratif, intuiti dan fokus. Akan tetapi, kontranya kondisi seperti ini membuat mereka jadi gampang cemas, khawatir, depresi dan insomnia.

Dari hasil penelitian pada jurnal Johnson & Whisman tahun 2013, sejak remaja, perempuan akan punya potensi 2 kali lebih besar untuk depresi ketimbang pria.

Seorang psikolog, Christine Anggraini, M.Psi menjelaskan bahwa overthinking sendiri bisa menjadi tanda awal terjadinya depresi.

Munculnya pemikiran negatif secara berulang, jika tak segera diatasi, bisa membuat kita jadi lebih mudah cemas hingga depresi. 



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"