Kenapa Banyak Wanita Jadi Dokter Gigi? Terungkap 3 Alasannya

Kenapa Banyak Wanita Jadi Dokter Gigi? Terungkap 3 Alasannya

Profesi menjadi dokter gigi di Indonesia banyak yang dipilih oleh wanita. Hal itu bukan soal penghasilan sebagai dokter gigi yang menjanjikan saja. Ternyata ada beberapa alasan lain kenapa banyak wanita jadi dokter gigi dibandingkan pria yang jadi dokter gigi.

Wanita Jadi Pendengar yang Baik

Seorang dokter gigi mengharuskan bisa mendengarkan keluhan pasien yang mengalami gangguan pada giginya. Maka wanita dianggap lebih bisa jadi pendengar yang baik dibandingkan kaum pria kebanyakan, apalagi sebuah penelitian yang dilakukan oleh Jack Zenger beberapa tahun lalu menyimpulkan soal hal tersebut.

Wanita memiliki empati yang lebih baik dibandingkan pria sehingga membuat pasiennya menjadi nyaman dan bisa percaya dengan treatment yang dilakukan selama pengobatan di dokter gigi. Termasuk pasien anak-anak yang kerap takut datang ke dokter gigi.

Sebagai wanita, karakter keibuan sangat melekat dan alamiah sehingga bisa membuat nyaman anak-anak kecil yang berobat ke dokter gigi. Tentu jika si dokter gigi wanita sudah menikah dan punya anak, pasti semakin bisa menaklukan anak-anak yang takut ke dokter gigi.

Wanita Jadi Dokter Gigi (Halodoc)

Dokter Gigi Butuh Ketelitian

Satu faktor kenapa wanita jadi dokter gigi berikutnya adalah soal ketelitian. Menjadi dokter gigi mengharuskan seseorang harus teliti dalam melakukan pengerjaan dan penyembuhan gigi si pasien. Belum lagi selain harus memiliki ketelitian, hati yang sabar juga perlu jadi modal penting sebagai dokter gigi.

Untuk membereskan satu gigi yang berlubang, membersihkan karang gigi, atau mencabut gigi tentu membutuhkan waktu yang lama dan kehati-hatian. Makanya wanita dianggap memiliki kesabaran dan ketelitian yang lebih baik daripada pria. Setuju nggak ladies?

Fakultas Kedokteran Gigi Banyak Wanita

Seorang yang ingin jadi dokter gigi pasti harus kuliah dulu di Fakultas Kedokteran Gigi. Nah, selama ini Fakultas Kedokteran Gigi lebih banyak dihuni mahasiswi wanita dibandingkan mahasiswa pria. Banyak mahasiswa wanita di Fakultas Kedokteran Gigi sebagai bukti jika jurusan kedokteran gigi memang lebih banyak diminati wanita dibanding pria.

Satu lagi nih ada mitos yang berkembang di kalangan dunia perkuliahan bahwa para mahasiswi kedokteran gigi memiliki perbedaan dibandingkan jurusan lain. Yang pertama mereka punya kepintaran karena bisa kuliah kedokteran, kemudian berasal dari keluarga yang mampu mengingat biaya kuliah yang mahal, dan satu lagi memiliki wajah dan penampilan yang cantik.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"