Jangan Disepelekan, Ini Lho Penyebab Menstruasi Tidak Teratur yang Harus Kamu Tahu

Jangan Disepelekan, Ini Lho Penyebab Menstruasi Tidak Teratur yang Harus Kamu Tahu

Haid yang tidak teratur bukan hal yang harus dimaklumi. Namun kamu wajib mencari tahu apa penyebab menstruasi tidak teratur . Dikhawatirkan jika dibiarkan terlalu lama, bisa menimbulkan bahaya untuk kesehatan.

Siklus menstruasi setiap perempuan memang berbeda-beda. Mengutip Healthline siklus menstruasi dihitung dari hari pertama menstruasi hingga hari pertama berikutnya. Menstruasi dianggap tidak teratur jika waktu antar periode terus berubah dan menstruasi datang lebih awal atau telat.

Lantas apa yang menyebabkan siklus menstruasi menjadi tidak teratur? Berikut penjelasannya.

1. Sedang Hamil

Penyebab Menstruasi Tidak Teratur (via Hello Sehat)

Ketika hamil seseorang tentu tidak akan mengalami menstruasi. Jika hal ini terjadi, maka sebaiknya segera periksa ke dokter kandungan untuk memastikan apakah kamu benar hamil atau ada sebab lain yang membuat menstruasi kamu menjadi tidak teratur.

2. Menyusui

Hormon prolaktin yang bertugas memproduksi ASI bisa menekan ovulasi, terlebih pada ibu yang menyusui secara eksklusif.

Hal ini yang menyebabkan menstruasi menjadi tidak teratur, bahkan tidak mengalami menstruasi sama sekali pada masa menyusui. Ini tidak berbahaya, karena menstruasi akan kembali normal setelah berhenti menyusui.

3. Pemakaian Alat Kontrasepsi

Pemakaian alat kontrasepsi seperti IUD bisa menyebabkan darah keluar lebih banyak dari biasanya. Dan sebaliknya mengonsumsi pil KB bisa menyebabkan darah menstruasi sedikit keluar. Jadi pada awal pemakaian alat kontrasepsi siklus menstruasi kamu bisa saja tidak teratur, bahkan tidak haid sama sekali.

4. Sindrom Ovarium Polikistik (PCOS)



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"