Jangan Buang Waktumu! Begini Cara Menghentikan Doomscroling yang Berpotensi Merusak Hidupmu

Jangan Buang Waktumu! Begini Cara Menghentikan Doomscroling yang Berpotensi Merusak Hidupmu

Kamu suka cek media sosial dan tidak bisa berhenti scrolling? Jangan-jangan kamu termasuk doomscroling? Memang apa sih maksudnya, dan bagaimana cara menghentikan doomscrolling?

Sebagai informasi, doomscrolling merupakan istilah yang digunakan untuk menyebut seseorang yang terus-menerus berselancar di internet tanpa tujuan yang jelas. Kegiatan tersebut terjadi dalam jangka waktu yang cukup lama, dan jika dibiarkan bisa berakibat buruk pada kesehatan mental.

Padahal saat ini media sosial rasanya sudah menjadi bagian penting dalam kehidupan. Bahkan banyak orang, terutama anak muda, yang seakan kecanduan dan tidak bisa berhenti scrolling meski hal tersebut tidak terlalu penting. Mereka terus menatap layar tanpa tujuan yang jelas, sehingga tanpa sadar menghabiskan terlalu banyak waktu di sana.

Memang separah apa sih dampaknya untuk kehidupan, baik fisik maupun mental anak muda? Bagaimana pula cara menghentikannya? Demi kebaikanmu sendiri, coba simak beberapa informasi berikut ini!

Efek Doomscrolling Pada Kesehatan Mental

Doomscrolling (via Narasi TV)

Mengutip Halodoc, doomscrolling dapat memberikan pengaruh buruk pada kesehatan mental. Diantaranya seperti menguatkan pikiran negatif, mengganggu tidur, dan memperparah depresi yang sudah ada sebelumnya

Selain itu, doomscrolling juga bisa memicu rasa gelisah berlebihan, meningkatkan rasa cemas dan kepanikan, serta bisa meningkatkan hormon stres. Wah, lumayan serem ya. Harus cepet diatasi nih!

Cara Menghentikan Doomscrolling



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"