Janda di India Seumur Hidup Pakai Baju Putih, Begini Faktanya

Janda di India Seumur Hidup Pakai Baju Putih, Begini Faktanya

Bagi kamu yang suka atau pernah nonton film India, pasti pernah menemui tokoh seorang wanita atau janda dengan baju serba putih. Kok bisa ya? Begini faktanya.

Sistem kasta memang jadi suatu fenomena unik yang ada di India. Ya, pasalnya pembagian sistem masyarakat ini mengandung pro dan kontra. Ada yang setuju karena pembagian status yang jelas, namun ada yang tidak karena rawan terjadi diskriminasi untuk kasta rendah.

Tapi, satu hal yang pasti, sistem ini sejatinya sudah berlaku disana dan ada sejak sangat lama.

Nggak hanya soal kasta aja, ada hal lain di India yang menimbulakn pro dan kontra. Yaitu nasib para janda yang ditinggal mati suaminya. Hidup mereka akan jadi penuh nestapa memang, namun hal itu dilakukan untuk mengenanng pasangannya yang duluan pergi meninggalkannya. Lalu seperti apa nasib para janda itu? Simak ulasannya di bawah ini ya.

Para Janda India Memeriahkan Festival Holi (Liputan6.com)

Menjadi janda di India adalah hal yang lumayan berat, karena masyarakat sosial akan menganggap hal itu kurang baik. Salah satunya yang harus dihadapi para janda di India adalah mengenakan pakaian atau sari putih seumur hidupnya.

Pakaian putih di India adalah lambang berkabung sebagai tanda duka cita bagi suami mereka yang mendahuluinya.

Selain memakai pakaian serba putih seumur hidup, para janda ini juga tak boleh memakai perhiasan atau aksesori lain, karena hal itu berhubungan dengan simbol pernikahan. Bisa dibilang kalau para janda ini harus membuang segala hal yang berhubungan dengan pernikahan dan kehidupan seorang istri.

Namun sayangnya, adanya simbol pakaian putih itu kadang juga jadi sebuah diskriminasi lantaran banyak orang atau pedagang yang enggan berinteraksi dengan pemakainya.

Nggak cuma itu aja. Satu hal yang sering dialami oleh para janda di India ini adalah meninggalkan kediamannya. setelah suami menjemput ajal, biasanya anggota keluarga akan membawa sang janda pada salah satu daerah di jalan Vrindavan. Di sanalah mereka akan menghabiskna masa-masa tuanya dengan para janda yang lain.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"