Ini Alasan Kenapa Wanita Butuh Waktu Tidur Lebih Banyak daripada Pria

Ini Alasan Kenapa Wanita Butuh Waktu Tidur Lebih Banyak daripada Pria

Menurut American Academy of Sleep Medicine, orang dewasa membutuhkan tidur setidaknya tujuh jam setiap malam. Meski begitu, ada sedikit perbedaan dalam kebutuhan tidur antara pria dan wanita.

Penelitian menunjukkan bahwa wanita sebenarnya membutuhkan lebih banyak tidur dibandingkan pria. Ada beberapa alasan utama mengapa wanita dan pria memiliki kebutuhan tidur yang berbeda, dan dalam artikel ini, kita akan membahasnya secara mendetail. Simak ya!

1. Lebih Banyak Masalah Tidur

Wanita dua kali lebih mungkin mengalami insomnia dan masalah tidur dibandingkan pria. Salah satu alasan utama statistik ini adalah perbedaan hormonal, namun ada juga perbedaan lain yang berkontribusi antara pria dan wanita.

Misalnya, selama kehamilan, perimenopause, dan menopause, perempuan lebih mungkin mengalami apnea tidur, yang dapat berdampak negatif pada kualitas tidur. Selain itu, perempuan dua kali lebih mungkin mengalami sindrom kaki gelisah dibandingkan laki-laki.

Ibu yang memiliki bayi atau balita akan sangat lelah dan butuh banyak tidur (halodoc.com)

2. Fluktuasi Hormon

Seperti disebutkan, alasan mendasar mengapa wanita membutuhkan lebih banyak tidur dibandingkan pria adalah karena hormon. Faktanya, tidak ada perbedaan antara tidur pada anak laki-laki dan perempuan hingga masa pubertas. Ketika hormon wanita muncul, mereka melaporkan kesulitan tidur sejak usia 10 tahun.

Masalah tidur ini terjadi karena selama tahun-tahun menstruasi, kadar estrogen, progesteron, dan testosteron pada wanita terus berubah-ubah.Selama fase luteal (paruh kedua) siklus menstruasi, banyak wanita merasa lebih sulit tidur. untuk tidur karena kadar progesteron jauh lebih rendah.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"