Ini Alasan Kenapa Stress Bisa Mempengaruhi Siklus Menstruasimu

Ini Alasan Kenapa Stress Bisa Mempengaruhi Siklus Menstruasimu

Kalian yang sudah menstruasi, tentu pernah mengalami yang namanya keterlambatan siklus mens. Entah sehari, dua hari, atau lebih. Jika kalian sudah menikah, mungkin kehamilan adalah alasan pertama yang terlintas dalam pikiran, meski sebenarnya ada banyak alasan yang menyebabkan siklus tidak teratur. Salah satu yang dapat menyebabkan siklus haid tak teratur adalah stress.

Randa J. Jalloul, MD, spesialis OB-GYN dengan Dokter UT menjelaskan bahwa stres, baik emosional, nutrisi, maupun fisik, dapat menyebabkan peningkatan sekresi endorfin dan kortisol sehingga mengganggu produksi hormon. Hal ini dapat menyebabkan siklus menstruasi tidak normal. Sebab begitulah cara tubuh mengekspresikan ketidaksiapan untuk berovulasi dan kehamilan.

Penyebab menstruasi terlambat (kuncupperia.com)

Jika stres ini hanya berlangsung sebentar, kamu mungkin akan mengalami terlambat menstruasi beberapa hari. Namun, jika stresnya kronis, kamu akan mengalami menstruasi yang lebih tidak menentu atau tidak ada bisa terjadi. Perubahan berat badan yang ekstrem dan aktivitas fisik juga merupakan penyebab umum keterlambatan siklus.

Jadi, kalau kamu mengalami menstruasi yang tidak teratur atau tidak ada menstruasi selama lebih dari tiga hingga enam bulan, kamu perlu langsung memeriksakannya ke dokter. Apalagi jika kamu tidak aktif secara seksual.

Mengatasi Siklus Menstruasi yang Tak Teratur



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"