Ditemukan Sebuah Mumi dengan Kondisi Terbaik dalam Sejarah, Namanya Lady Dai!

Ditemukan Sebuah Mumi dengan Kondisi Terbaik dalam Sejarah, Namanya Lady Dai!

Untuk orang Mesir Kuno, menjaga jasad agar tetap utuh bertujuan untuk menjaga jiwa atau roh yang meninggal juga tetap hidup. Jadi gak heran jika pada zaman itu, banyak mayat raja yang diawetkan. 

Nyatanya, gak cuma Mesir Kuno yang melakukan proses mumifikasi pada mayat anggota kerajaan. Sebab di peradaban di Cina Kuno juga ditemukan sebuah mumi bernama Lady Dai yang konon sudah berusia 2.100 tahun. Wah gila, lama banget ya?

Berbeda dengan kondisi mumi lain, kondisi mayat yang diawetkan ini sangat baik. Mumi Lady Dai bahkan bisa dikatakan mumi yang kondisinya paling baik sepanjang sejarah per-mumi-an

# Tentang Mumi Lady Dai

Mumi Lady Dai ini berasal dari Dinasti Han Barat. Saking masih bagusnya kondisi mumi Lady Dai, para arkeolog sampai takjub. Kalau kamu perhatikan di bawah ini, tampak bentuk mumi Lady Dai memang masih sempurna ya?

Jazad Lady Dai atau Xin Zhui(suryamalang.tribunnews.com)

Pada tahun 1971, mumi Lady Dai ditemukan tanpa sengaja. Saat itu perang dingin berlangsung, dan para pekerja sedang melakukan pembangunan bunker. Bunker itu dibuat untuk benteng pertahanan terhadap serangan udara di dekat Kota Changsha. Dalam pembangunan itulah, mumi ini ditemukan.

Lady Dai sendiri hanya sebutan bagi putri yang merupakan istri di wilayah Dai pada Dinasti Han. Nama jasadnya sendiri adalah Xin Zhui. Ia diperkirakan meninggal sekitar tahun 178-145 SM, pada usia sekitar 50 tahunan.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"