Dianggap Sinonim, Sebenarnya Apa Perbedaan Wanita dan Perempuan?

Dianggap Sinonim, Sebenarnya Apa Perbedaan Wanita dan Perempuan?

Selama ini, kebanyakan orang menganggap istilah wanita dan perempuan sebagai sinonim, karena memang merujuk pada satu hal yang sama. Padahal, keduanya memiliki konotasi dan makna yang tidak sama. Lalu sebenarnya apakah ada perbedaan wanita dan perempuan ?

Makna Etimologis

Perbedaan Wanita dan Perempuan (via Kabar Banten)

Melansir Magdalene, Akademisi Sudarwati dan D. Jupriono dalam artikel jurnal berjudul “Betina, Wanita, Perempuan: Telaah Semantik Leksikal, Semantik Historis, dan Pragmatik” (1997), menuliskan bahwa kata wanita mengandung konotasi terhormat.

Wanita merujuk pada "Keputrian" atau "sifat-sifat wanita" yang diharapkan akan bersifat lemah gemulai, lembut, patuh, dan menyenangkan layaknya putri keraton. Sedangkan kata perempuan bernilai cukup tinggi, bahkan sejajar atau  lebih tinggi daripada kata lelaki.

Melansir staff.unand, menurut Dr. Ike Revita, M.Hum., Dosen dari Jurusan Bahasa Inggris Universitas Andalas, dalam bahasa Sansekerta, kata perempuan merupakan penggalan dari kata per-empu-an. Per berarti makhluk dan Empu berarti mulia atau mahir. Dengan begitu, perempuan diartikan sebagai makhluk yang mulia atau berkemampuan. 

Makna Menurut  Kamus



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"