Cuci Muka Atau Sikat Gigi Lebih Dulu? Gini Urutan Yang Benar Menurut Dokter Gigi Dan Dokter Kulit

Cuci Muka Atau Sikat Gigi Lebih Dulu? Gini Urutan Yang Benar Menurut Dokter Gigi Dan Dokter Kulit

Mencuci muka dan menyikat gigi merupakan dua hal yang biasanya dilakukan secara beriringan, baik saat mandi, ketika bangun tidur ataupun saat bersiap untuk tidur. Namun hal ini kerap menjadi perdebatan, mana yang lebih dulu dilakukan.

Rupanya, terdapat urutan mana yang sebaiknya dilakukan pertama kali. Dilansir dari Well and Good, dokter gigi dan dokter kulit sepakat menyikat gigi yang sebaiknya dilakukan duluan sebelum cuci muka. Sebab, residu sikat gigi bisa membuat iritasi kulit.

"Residu pasta gigi bisa menyebabkan iritasi kulit," ungkap Richard Lipari, dokter gigi di Chappaqua, New York. "Kulit semua orang berbeda-beda sehingga dampak pada kulit ini juga bisa berbeda. Walau begitu, kamu sebaiknya mencuci muka setelah menggosok gigi," imbuhnya.

Ilustrasi Sikat Gigi (Kompas)

Sementara itu, Mary Lupo, pakar kesehatan kulit asal New Orleans menyebut urutan ini perlu lebih diperhatikan oleh mereka yang punya masalah kulit sensitif. "Kandungan fluoridan ini bisa memperparah rosacea dan jerawat," terang Mary.

Terlebih, pakar kesehatan kulit di New York menyebut kalau pasta gigi juga memiliki kandungan sodium lauryl sulfat (SLS). "SLS merupakan bahan sulfat yang telah dihilangkan dari produk bebeas sulfat," ungkap Joshua Zeichner.

"Kandungan ini dikenal sebagai iritan yang menyebabkan inflamasi kulit. Biasanya ditemukan pada pembersih dan pasta gigi karena bisa menjadi surfaktan dalam menghilangkan kotoran dari kulit dan gigi," sambungnya.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"