Cara Mengajarkan Anak Agar Mampu Memecahkan Masalah

Cara Mengajarkan Anak Agar Mampu Memecahkan Masalah

Mengajarkan anak memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari sangatlah penting karena itu termasuk dalam life skill yang perlu dikuasai anak. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa, mengajarkan anak menyelesaikan masalah dengan baik dan bijak dapat membantu mereka menjadi anak yang mandiri, cerdas serta penuh empati.

Dengan memiliki life skill ini, anak diharapkan dapat menjadi pribadi dewasa yang mampu menghadapi berbagai tantangan dan permasalahan dalam hidupnya dengan solusi terbaik. Karena itu, mari latih anak untuk mampu memecahkan masalah dengan cara berikut ini.

1. Identifikasi Masalah

Cara Mengajarkan Problem Solving pada Anak (via Sehat AQUA)

Hal pertama yang harus anak pelajari agar mampu memecahkan masalah adalah dengan mengidentifikasi masalahnya terlebih dahulu. Jika anak mengalami kendala atau kesulitan tertentu, ajak anak untuk mencari tahu mengapa hal tersebut bisa terjadi.

Ajak anak untuk bicara dari hati ke hati namun menggunakan pemikiran yang rasional untuk anak seusianya. Saat anak sudah mau menceritakan kendala apa yang dialami, arahkan anak untuk dapat mengidentifikasi masalahnya.

2. Bantu Anak Menemukan Solusi



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"