Biar Lebih Relaks, Begini Tips Mengatasi Overthinking

Biar Lebih Relaks, Begini Tips Mengatasi Overthinking

Overthinking adalah memikirkan sesuatu secara berlebihan, dan siapa saja bisa melakukan hal tersebut. Kalau kamu termasuk orang yang suka overthinking, ada baiknya kamu mengikuti tips mengatasi overthinking  berikut ini. Biar lebih relaks.

Overthinking sebenarnya kondisi yang wajar terjadi, namun jika dibiarkan terus-menerus maka akan berisiko mengganggu kesehatan mental. Karena itu overthinking harus diatasi. Bagaimana caranya?

1. Menyadari dan Berhenti Sejenak

Tips Mengatasi Overthinking (via Suara)

Hal pertama yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi overthinking adalah dengan menyadari bahwa kamu memiliki kebiasaan overthinking. Kemudian berhenti sejenak memikirkan hal tersebut dan fokus pada pemecahannya.

2. Lawan Pikiran

Kebanyakan orang lebih mudah terpengaruh dengan pikiran buruk yang terus berputar di kepala. Dan ini akan menimbulkan kecemasan dan bisa mengganggu aktivitas sehari-hari.

Jika kamu merasa pikiran buruk mulai menguasai, maka sebaiknya kamu cepat-cepat melawan pikiran tersebut. Coba pikirkan hal-hal baik lainnya. Jadi kamu tidak terbawa.

3. Lakukan Sesuatu yang Berbeda

Pikiran buruk dalam kepala bisa hilang dengan mencoba sesuatu yang baru. Ini bertujuan untuk mengalihkan perhatian. Misalnya, berpetualang bersama teman atau orang-orang baru. Atau mungkin menonton film. Ini bisa membuat pikiran kamu menjadi lebih produktif.

4. Tantang Ketakutan



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"