Benarkah Kosmetik Vegan Dipastikan Halal? Begini Penjelasannya

Benarkah Kosmetik Vegan Dipastikan Halal? Begini Penjelasannya

Gaya hidup vegan awalnya berkaitan dengan keputusan untuk tidak mengkonsumsi produk hewani. Tetapi saat ini, vegan juga erat kaitannya dengan penggunaan kosmetik. Lalu, apakah kosmetik vegan sudah dipastikan halal?

 

Perlu diketahui bahwa kosmetik tidak menggunakan bahan berbasis hewani ini banyak disukai kaum muslim karena dianggap halal.

 

Apalagi, semakin banyak ditemui rangkaian merek skincare dan makeup yang berlabel vegan dan halal. Dan bila dilihat dari komposisinya, mungkin kamu tidak akan melihat adanya bahan hewani di kemasannya.

 

Proses produksi kosmetik vegan pada dasarnya memang meminimalisir resiko najis. Begitu pun ketika produk itu tak diuji cobakan pada hewan. Itu artinya, produk tersebut sudah cruelty-free.

 

Ilustrasi orang menggunakan skincare (beautynesia.id)

 

Akan tetapi pertanyaannya, apakah produk kosmetik vegan secara bahan itu sudah dipastikan halal? Menurut laman halal MUI, hal tersebut belum tentu bisa menjadi patokan produk kosmetik halal atau tidak.

 

Sebab, selain bahan utama yang menggunakan bahan nabati, selama produksi, produk tersebut bisa saja memakai bahan tambahan yang berasal dari turunan produk hewani.

 

Apalagi pada produk kosmetik yang melalui tahap fermentasi, ini bisa beresiko mengandung bahan hewani sehingga pemberian level vegan dan halal itu tidaklah mudah.

 

Walau sudah sepenuhnya memakai bahan alami, bahan tambahan lainnya seperti alkohol juga perlu dipertimbangkan. Sebab, kalo mengacu pada Fatwa MUI Nomor 11 Tahun 2018 tentang Produk Kosmetik yang Mengandung Alkohol/Etanol dan didukung oleh Fatwa MUI Nomor 26 tahun 2013, pemakaian alkohol di kosmetik perlu dibatasi agar tidak berbahaya.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"