Apa Itu Alergi Kosmetik? Begini Ciri-Ciri dan Cara Mengatasinya

Apa Itu Alergi Kosmetik? Begini Ciri-Ciri dan Cara Mengatasinya

Sebelum membeli produk skincare atau kosmetik sebaiknya lakukan riset terlebih dahulu agar terhindar dari alergi kosmetik. Untuk menghindarinya, yuk kita pelajari mengenai alergi kosmetik, termasuk ciri-ciri dan cara mengatasinya!

Ciri-Ciri Alergi Kosmetik

Ciri-Ciri Alergi Kosmetik Alergi Kosmetik (via Grid)

Kandungan yang tidak tepat bagi kulit dapat menimbulkan efek samping mulai dari iritasi, ruam, hingga jerawat. Jika diteruskan, kulit wajah bisa mengalami breakout yang parah. Yuk simak ciri-cirinya berikut ini agar kamu bisa segera melakukan penanganan!

1. Mata iritasi

Menggunakan eye makeup seperti mascara, eyeliner atau eyeshadow dapat menyebabkan alergi kosmetik bagi kulitmu yang sensitif. Beberapa kandungan dalam produk tersebut mungkin tidak bisa ditoleransi oleh kulit di area mata. Akibatnya, mata menjadi iritasi hingga timbul gejala seperti mata berair, memerah, dan terasa gatal.

2. Biduran atau Bentol Disertai Gatal

Alergi kosmetik yang mungkin muncul berikutnya adalah biduran. Biduran sering ditandai dengan rasa gatal dan perih di kulit wajah, serta sensasi kesemutan, hingga bengkak yang biasanya terjadi di bibir. Gejala ini bisa saja langsung terlihat setelah kulitmu terpapar oleh zat alergen.

3. Jerawat dan Komedo

Bagi beberapa orang, jerawat dan komedo bisa disebebkan oleh alergi kosmetik, bukan hanya karena perubahan hormon. Jerawat dan komedo ini merupakan reaksi yang ditunjukkan kulit karena terpapar zat alergen. Jerawat jenis ini terasa gatal, dan akan muncul beberapa pada area tertentu yang biasa disebut breakout.

4. Ruam

Ciri alergi kosmetik yang berikutnya adalah munculnya ruam atau kemerahan pada kulit. Biasanya selain kemerahan, kulit juga akan terasa gatal dan mudah mengelupas. Biasanya, reaksi ini muncul 12-48 jam setelah kamu menggunakan kosmetik yang mengandung bahan yang tidak cocok dengan kulitmu.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"