5 Tips Agar Gak Haus Saat Puasa, Nomor 2 Masih Banyak Yang Salah Paham

5 Tips Agar Gak Haus Saat Puasa, Nomor 2 Masih Banyak Yang Salah Paham

Selain menahan lapar, puasa  juga mewajibkan kamu untuk menahan haus. Beberapa orang merasa, lebih mudah untuk menahan lapar dibandingkan haus. Khususnya saat puasa di siang hari, ketika matahari tepat berada di atas kepala. Rasanya seperti kamu ingin minum yang segar-segar.

Haus akan membuat tubuh kamu dehidrasi dan terasa lemas. Kamu pun tidak mau hal ini terjadi terus menerus kan? Oleh karena itu, ada sejumlah tips untuk menghilangkan rasa haus ketika puasa Ramadhan. Apa saja tips tidak haus saat puasa? Simak penjelasannya di bawah ini!

1.    Kurangi Aktivitas Yang Mengeluarkan Keringat

Menjalankan ibadah puasa bukan berarti membuat kamu malas-malasan. Kamu juga dituntut untuk tetap beraktivitas. Akan tetapi, usahakan untuk menghindari aktivitas berat yang mengeluarkan banyak keringat seperti olahraga. Apalagi, jika olahraga dilakukan di bawah sinar matahari. Kalau kamu ingin olahraga, sebaiknya dilakukan menjelang buka puasa. Ini bertujuan agar rasa haus dan lelah bisa segera terbayarkan ketika adzan magrib tiba.

2.    Jangan Minum Banyak Air Saat Sahur

Foto: Tips Gak Haus (Kompas)

Air sangat penting untuk membuat tubuh berfungsi normal dan organ vital bekerja dengan optimal. Namun beberapa orang masih salah paham dan memilih untuk minum banyak air saat sahur dengan tujuan agar tidak mudah haus nantinya. Padahal nyatanya, minum banyak air saat sahur akan membuat ginjal membuangnya dalam waktu beberapa jam. Jadi lebih baik untuk minum banyak air di jam-jam antara buka puasa dan sahur saja. Selain itu, hindari minum air yang sangat dingin saat buka puasa karena hal ini bisa menyempitkan pembuluh darah kapiler sehingga kesulitan untuk mencerna makanan.

3.    Hindari Makanan Asin dan Pedas

Tips agar tidak haus lainnya adalah menghindari makanan pedas dan makanan asin seperti acar dan ikan asin serta yang mengandung banyak bumbu. Pasalnya, hal ini dapat meningkatkan risiko terjadinya asam lambung. Tidak hanya itu, kondisi ini juga bisa meningkatkan kebutuhan tubuh dalam mengolah cairan juga meningkatkan rasa haus. Sementara itu, makanan pedas dan terlalu asin juga bisa meningkatkan kebutuhan tubuh akan air. Jadi cobalah untuk mengurangi asupan yang pedas dan terlalu asin saat puasa. Makanlah sayuran yang banyak mengandung air seperti mentimun agar dapat membantumu menghilangkan dahaga dan mendinginkan tubuh.

4.    Jangan Minum Cairan Yang Mengandung Kafein



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"