5 Gerakan Olahraga Yang Bisa Memancing Kontraksi, Baik Dilakukan Ibu Hamil Menjelang Lahiran

5 Gerakan Olahraga Yang Bisa Memancing Kontraksi, Baik Dilakukan Ibu Hamil Menjelang Lahiran

Setiap ibu hamil pasti menginginkan proses persalinannya berjalanan lancar. Banyak dari mereka yang berharap anaknya lahir dalam keadaan sehat dan melalui persalinan alami atau normal. Untuk mendapatkannya, salah satu cara yang bisa dilakukan untuk memancing kontraksi adalah olahraga.

Dengan aktif bergerak, maka membantu untuk memperkuat dan mengendurkan otot. Selain itu, olahraga menjelang lahiran juga membantu mengurangi rasa sakit pasca melahirkan. Lantas apa saja olahraga yang bisa dilakukan? Beriku 5 gerakan olahraga yang membantu untuk melancarkan persalinan.

1.    Squat atau Jongkok

Foto: Gerakan Squat (theAsianparent)

Gerakan jongkok berdiri lalu diulang kembali adalah cara melakukan squat. Olahraga ini dianggap aman untuk ibu yang sudah hamil tua dalam menyiapkan tubuhnya menghadapi persalinan. Gerakan squat diketahui bisa membantu menguatkan otot panggul para ibu serta mendorong bayi agar turun lebih rendah. Agar persalinan normal berjalan lancar, lakukan squat mendekati waktu perkiraan lahir.

Caranya pun mudah, ibu hanya perlu berdiri dengan kaki dilebarkan. Kemudian, turunkan tubuh perlahan sampai posisi jongkok dengan punggung tetap tegak seperti saat berdiri. Tahan posisi ini selama 30 detik lalu berdiri lagi tanpa bantuan tangan. Ulangi proses ini selama 10-20 menit setiap harinya. Gerakan ini juga sangat untuk membantu mengurangi sakit punggung saat hamil.

2.    Jalan Kaki

Berjalan kaki merupakan salah satu olahraga persiapan persalinan yang paling mudah dan murah. Olahraga ini membantu menjaga keseimbangan tubuh saat mendekati persalinan. Rutin jalan kaki menjelang lahiran bisa membuat proses persalinan lebih pendek.

Tidak hanya itu, olahraga ini juga membantu agar rasa sakit tidak terlalu parah. Berjalan juga bisa membuat panggul bergerak lebih bebas sehingga membantu gravitasi untuk bayi bergerak turun ke panggul. Berjalan juga dapat memicu terjadinya kontraksi.

3.    Latihan Duduk



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"