Terungkap Harga Motor MotoGP, Bolehkah Dijual?

Terungkap Harga Motor MotoGP, Bolehkah Dijual?

Siapa sih yang gak ingin punya motor MotoGP yang dipakai pembalap? Ternyata harga motor motoGP per unitnya ditaksir memiliki harga yang sangat mahal. Lalu apakah bisa motor MotoGP itu dijual secara bebas setelah tidak dipakai pembalap? 

Menurut laporan The Race terungkap harga satu unit motor balap MotoGP sekitar 2 hingga 4 juta euro atau Rp 34,8 miliar hingga Rp 69,6 miliar. Bisa jadi motor MotoGP ini menjadi salah satu motor termahal di dunia. Harga tersebut disesuaikan dengan kualitas motor mulai dari spesifikasi mesin, sasis, suspensi, dan perangkat di dalam motor seperti perangkat elektronik dan pengereman.

Setiap pabrikan dalam merakit satu motor MotoGP tidak mudah dan membutuhkan biaya pembuatan yang sangat mahal. Belum lagi mengaku kepada faktor lain seperti penelitian yang dilakukan serta proses pengembangan tim guna mencapai performa motor yang diinginkan oleh pembalap. 

Harga Motor MotoGP (GridOto.com)

Harga motor MotoGP yang mahal juga dipengaruhi oleh harga mesin yang sangat mahal, kabarnya mencapai Rp 4,1 miliar. Harga itu belum termasuk jika motor mengalami kerusakkan sehingga diperlukan perbaikan pada mesinnya. Meski berharga mahal dan ada orang yang ingin membelinya, tapi motor tersebut tidak bisa dijual.

Pada dasarnya motor MotoGP merupakan motor yang memang dirancang khusus untuk balapan MotoGP saja, jadi tidak akan diproduksi dalam jumlah yang banyak atau diproduksi massal. Mungkin pabrikan hanya memproduksi 2 motor saja untuk seorang pembalap. 

Belum lagi setiap tahunnya, motor MotoGP akan mengalami evaluasi dan proses pengembangan untuk menjadi salah satu motor tercepat yang ada di dunia. Makanya dalam proses pengembangan dilakukan sejumlah perbaikkan dalam waktu yang cukup lama, misalnya ditambahkan teknologi baru di dalam motor.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"