Tau Nggak Kapan Pertandingan Sepak Bola Internasional Pertama di Dunia? Begini Ceritanya

Tau Nggak Kapan Pertandingan Sepak Bola Internasional Pertama di Dunia? Begini Ceritanya

Pertandingan sepak bola internasional pertama yang antara dua negara diselenggarakan pada Sabtu, 30 November 1872 antara Inggris melawan Skotlandia. Dalam momen itu Skotlandia menjadi tuan rumah. Pertandingan digelar di lapangan West of Scotland Cricket Club di Glasgow, Skotlandia.

Pada pertandingan itu penonton yang datang ke lapangan harus membayar tiket masuk lho. Tapi tiketnya saat itu hanya satu shilling atau mata uang koin Inggris model lama. Federasi Sepak Bola Inggris atau FA menggagas pertama kali pertandingan sepak bola internasional Inggris lawan Skotlandia.

Pertandingan itu tujuannya untuk memajukan sepak bola di Skotlandia.Inggris kala itu sepak bolanya jauh lebih maju. Pada tahun 1872 timnas Skotlandia belum terbentuk. Tapi karena pertandingan harus tetap dilangsungkan maka Skotlandia diwakili oleh Queens Park Rangers, klub di Skotlandia yang menjadi klub sepak bola paling tua di Skotlandia.

Pertandingan Sepak Bola Internasional Pertama (Medcom.id)

Sementara pada pertandingan sepak bola itu timnas Inggris sudah terbentuk sehingga tidak diwakili oleh klub seperti Skotlandia. Pertandingan itu dimulai pukul dua siang dan sempat tertunda karena turunnya kabut di lapangan. Total ada 5.000 pasang mata yang menyaksikan pertandingan internasional pertama di dunia itu.

Uniknya saat itu formasi kedua negara yang digunakan berbeda dengan yang sekarang. Jika sekarang dikenal dengan formasi 4-4-2, 4-3-3, atau 4-2-3-1, kala itu Skotlandia memainkan formasi 2-2-6 dan Inggris memakai formasi 1-2-7. Jelas pilihan formasi kedua negara menunjukkan Skotlandia dan Inggris memainkan pola menyerang.

Skotlandia sebagai tuan rumah sempat menggetarkan gawang Inggris di pertengahan babak pertama. Sayangnya gol itu dianulir wasit karena dianggap bola belum melewati garis gawang. Babak kedua pertandingan makin seru ditambah hujan deras mengguyur lapangan. Tetapi sampai wasit meniup peluit panjang skor 0-0 tidak berubah.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"