Sikap Federasi Sepak Bola Belanda Terkait Banyak Pemain Belanda Dinaturalisasi Timnas Indonesia

Sikap Federasi Sepak Bola Belanda Terkait Banyak Pemain Belanda Dinaturalisasi Timnas Indonesia

Akhir tahun 2023 proses naturalisasi sejumlah pemain Eropa untuk membela timnas Indonesia masih berlangsung. Mayoritas pemain naturalisasi Indonesia sebelumnya berkewarganegaraan Belanda. Federasi sepak bola Belanda KNVB Gijs De Jong memberikan sikap terkait hal tersebut.

Dalam pernyataan di kanal YouTube GL News, De Jong memperbolehkan pemain Belanda dinaturalisasi, salah satunya yang ia ketahui adalah Marc Klok. Menurut De Jong, Marc Klok dalah pemain sepak bola asal Belanda yang cukup bagus. “Dia tadinya pemain Belanda, sekarang memperkuat Indonesia,” kata De Jong.

Namun De Jong menambahkan sah-sah saja apabila banyak pemain Belanda akhirnya berganti warga negara menjadi Indonesia. “Tapi kalau bisa jangan banyak-banyak (pemain belanda),” jelas De Jong. 

Pemain Naturalisasi (Republika)

Sementara itu selain Marc Klok beberapa pemain berkewarganeraan Belanda yang kini membela timnas Indonesia karena naturalisasi cukup banyak. Mereka adalah Irfan Bachdim, Jordi Amat, Shayne pattynama, Sndy Walsh, Rafael Struick, hingga Ivar Jenner. Termasuk beberapa pemain Belanda yang sedang menunggu giliran naturalisasi.

Kenapa ya banyak pemain asal Belanda yang melakukan naturalisasi? Diduga karena hubungan Belanda dan Indonesia adalah dua negara yang memiliki ikatan batin, maklum saja sejarah membuktikan bahwa Belanda dulu menjajah Indonesia selama 350 tahun.

Belum lagi banyak pernikahan campur antara orang Indonesia dan orang Belanda. Jadi pemain-pemain Belanda tidak sedikit yang memiliki hubungan darah dengan Indonesia. Sehingga ketika ada tawaran dari PSSI kepada mereka untuk jadi warga negara Indonesia, mereka tidak berpikir dua kali dan langsung menyetujui.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"