Gak Hanya Indonesia Kok, Negara-negara di Asia Tenggara Juga Banyak Lakukan Naturalisasi Pemain Sepak Bola

Gak Hanya Indonesia Kok, Negara-negara di Asia Tenggara Juga Banyak Lakukan Naturalisasi Pemain Sepak Bola

Indonesia baru saja merampungkan proses naturalisasi pemain sepak bola Justin Hubner. Dalam waktu dekat ia bisa segera memperkuat timnas Indonesia. Memang sudah banyak pemain-pemain yang tercatat melakukan naturalisasi lebih dari 10 tahun yang lalu. Tentu proses naturalisasi seorang pemain sepak bola bukan tanpa alasan.

Salah satu alasannya untuk memperkuat timnas sepak bola di negara tersebut. Di Indonesia sendiri sudah banyak pemain yang akhirnya dinaturalisasi. Ada pemain yang memang memiliki darah keturunan Indonesia dan ada juga yang sudah lama tinggal di Indonesia dan bermain di kompetisi sepak bola di tanah air.

Beberapa pemain hasil naturalisasi antara lain Cristian Gonzales, Irfan Bachdim, Marc Klok, Stefano Lilipaly, Jordi Amat, Sandy Walsh, Victor Igbonefo, Ilja Spasojevic, Beto Goncalvez, Greg Nwokolo, Ezra Walian, Rafael Struick, dan masih banyak lagi yang belum disebutkan.

Ternyata naturalisasi pemain sepak bola tidak hanya dlakukan oleh Indonesia saja. Sebab beberapa negara di Asia Tenggara lain juga melakukannya demi memperkuat timnas mereka. Negara mana saja di Asia Tenggara yang melakukan naturalisasi?

Naturalisasi Pemain Sepak Bola (CNN Indonesia)

Singapura

Negara pertama yang melakukan naturalisasi di Asia Tenggara adalah Singapura. Bahkan sebelum Indonesia melakukan naturalisasi, Singapura sudah melakukannya di sekitar tahun 2003-2004. Kala itu timnas Singapura sudah diperkuat oleh Daniel Bennett, Itimi Dickson, Agu Casmir, Aleksander Duric, hingga Precious Emuerjeraye. 

Malaysia

Setelah Singapura dan Indonesia melakukan naturalisasi, Malaysia negara tetangga keduanya ikut-ikutan naturalisasi. Beberapa pemain naturalisasi Malaysia adalah Darren Lok, Lee Tuck, Mathew Davies, Khair Jones dan masih ada lainnya. Kebanyakan pemain naturalisasi juga main di salah satu klub di Liga Malaysia.

Filipina

Kekuatan sepak bola Filipina di Asia Tenggara bak kuda hitam yang menyeramkan. Dulunya timnas Filipina sering kalah di pertandingan seperti AFF Cup. Namun usai melakukan naturalisasi timnas Filipina menjadi garang. Peringkat FIFA mereka pun ikut naik. Beberapa pemain naturalisasi Filipina adalah Christian Rontini, Alexander Borromeo, Jason De Jong, dan beberapa lainnya.

Naturalisasi Pemain Sepak Bola (Tribun Batam)

Thailand

Satu lagi timnas di negara Asia Tenggara yang melakukan naturalisasi. Thailand diketahi merekrut pemain-pemain asal Eropa untuk memperkuat timnas mereka. Pemain naturalisasi itu antara lain James Waite, Manuel Bihr, Kevin Deeromram, dan beberapa pemain lain. Thailand pun masih jadi negara kuat di Asia Tenggara untuk urusan sepak bolanya.

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"