Sebelum Bersepeda, Yuk Lakukan 4 Gerakan Pemanasan Ini

Sebelum Bersepeda, Yuk Lakukan 4 Gerakan Pemanasan Ini

Yang namanya gerakan pemanasan sangat penting dilakukan sebelum melakukan olahraga. Salah satu olahraga adalah bersepeda. Sebab bersepeda membutuhkan kerja otot tubuh yang sangat banyak sehingga pemanasan dilakukan supaya otot tubuh tidak mengalami cidera saat dan sesudah bersepeda.

Beberapa contoh gerakan pemanasan sebelum bersepeda dilakukan sekitar 15-30 menit menjelang olahraga. Untuk melakukan pemanasan bisa dilakukan di rumah sebelum mengayuh sepeda keluar dari rumah. Berikut ini ada beberapa gerakan pemanasan yang cocok dilakukan sebelum bersepeda.

Leg Swings

Leg swings adalah gerakan pemanasan yang menyasar otot flexor pinggul yang suka menegang ketika bersepeda. Sebenernya leg swings juga bisa jadi gerakan pemanasan bagi seseorang yang akan bermain sepak bola. Leg swings adalah gerakan dengan mengayunkan kaki ke segala arah dan sangat baik dilakukan karena pinggang dan otot sendi bergerak.

Untuk melakukan leg swings cobalah tubuh berdiri di samping sepeda. Agar tidak terjatuh pegangan pada sadel sepeda. Lagukan gerakan mengayunkan kaki ke depan dan belakang sebanyak 15 kali untuk tiap kaki. Kemudian posisikan badan menghadap sepeda. Gerakan ayunan kaki ke kanan dan ke kiri untuk masing-masing kaki yaitu sebanyak 15 kali.

Gerakan Pemanasan Sebelum Bersepeda (FitDay)

Butt Kicks

Gerakan pemanasan sebelum bersepeda ini mencegah cedera pada bagian otot paha, pinggul, dan kaki. Ketiga otot itu sangat bekerja keras saat seseorang melakukan olahraga bersepeda. Otot itu akan mengayuh sepeda, belum lagi jika jarak tempuh bersepeda cukup jauh. Jadi jangan lupa lakukan pemanasan ini ya.

Yang pertama-tama dilakukan adalah posisi badan berdiri tegak. Mulai melompat ringan bergantian antara kaki kiri dan kanan melakukan gerakan menendang ke arah bokong. Lakukan gerakan itu selama 3-5 menit.

Heel Toe Walk

Gerakan pemanasan ini cukup sederhana kok. Gerakan ini menyasar otot betis dan telapak kaki kanan dan kiri.  Cobalah untuk berdiri menghadap ke depan dan menggunakan tumpuan pada tumit.

 Saat jalan ke depan, punggung agak dibungkukkan. Lalu tubuh ditegakkan dengan kaki kanan yang masih bertumpu pada tumit. Setelah badan kembali tegak, cobalah badan diputar-putar supaya menjadi rileks. Lakukan gerakan itu selama 3-5 menit.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"