Kenapa Sering Mendadak Sakit Kepala Setelah Olahraga? 4 Masalah Ini Bisa Jadi Penyebabnya

Kenapa Sering Mendadak Sakit Kepala Setelah Olahraga? 4 Masalah Ini Bisa Jadi Penyebabnya

Beberapa dari kamu mungkin pernah merasakan pusing  setelah olahraga . Niat hati ingin membuat tubuh bugar dengan olahraga, tapi kepala justru terasa pusing kliyengan. Biasanya, pusing ini bisa hilang dengan sendirinya. Tapi beberapa kasus, bisa berlangsung lama bahkan sampai membuat orang itu jatuh pingsan. Sakit kepala setelah olahraga sebenarnya umum terjadi.

Biasanya, hal ini terjadi saat melakukan olahraga berintensitas tinggi seperti mengangkat beban berat. Tubuh yang dikerahkan secara berlebihan akan membuat jantung bekerja terlalu keras sehingga suplai darah ke otak berkurang. Namun selain itu, ada faktor lain yang bisa menyebabkan pusing setelah olahraga. Apa saja penyebabnya? Berikut penjelasannya!

1.    Dehidrasi

Foto: Pusing Setelah Olahraga (Hello Sehat)

Dikutip dari laman HelloSehat, dehidrasi merupakan penyebab paling umum seseorang mengalami pusing setelah olahraga. Untuk mengurangi risikonya, kamu perlu memperhatikan asupan cairan sebelum, saat serta sesudah olahraga. Semakin banyak cairan yang kamu minum, maka tubuh akan semakin bertenaga dan berstamina untuk melanjutkan aktivitas.

2.    Aliran Oksigen Ke Otak

Saat olahraga, tubuh membutuhkan oksigen lebih banyak dari biasanya. Terkait hal ini, teknik bernapas yang kurang tepat bisa membuat pusing setelah olahraga karena darah kekurangan kadar oksigen. Untuk mengatasinya, kamu harus menyesuaikan teknik bernapas dengan jenis olahraga serta kemampuan tubuh.

3.    Tekanan Darah Rendah



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"