Jenis-jenis Cedera yang Sering Dialami Pemain Sepak Bola

Jenis-jenis Cedera yang Sering Dialami Pemain Sepak Bola

Cedera pemain sepak bola memang jadi sesuatu yang sangat menyedihkan. Sebab pemain sepak bola dipastikan harus absen di pinggir lapangan selama kurun waktu tertentu untuk menjalani proses pemulihan. Jika pemulihan berlangsung cepat, pemain itu akan segera kembali ke lapangan hijau.

Namun bagaimana jika seorang pemain alami cedera yang sangat parah bahkan sampai merusak masa depannya sebagai seorang pemain sepak bola? Berikut ada beberapa jenis cedera yang sering dialami pemain sepak bola. 

Ligamen Lutut

Namanya benturan sesama pemain sepak bola kerap terjadi di lapangan. Tak ayal salah satu cedera yang umum dialami adalah ligamen lutut. Cedera ini menyebabkan bagian otot ligamen dalam lutut bermasalah hingga alami robekan. Beberapa pemain sepak bola diketahui pernah mengalami cedera ini.

Untuk proses penyembuhan biasanya selama beberapa minggu, namun jika cedera sudah parah bisa selama beberapa bulan bahkan sampai ada pemain yang melakukan operasi untuk penyembuhan cedera lutut itu. Setelah operasi selesai, pemain harus lakukan pemulihan dan tidak bisa segera bermain sepak bola.

Cedera Pemain Sepak Bola (Kumparan)

Hamstring

Cedera pemain sepak bola berikutnya adalah hamstring. Hamstring merupakan otot belakang paha yang kerap menjadi masalah dan alami nyeri bagi seorang pemain sepak bola. Otot hamstring membentang dari bagian bawah bokong hingga bagian belakang lutut.

Sebelum alami cedera hamstring, biasanya seseorang mengalami gejala seperti nyeri di bagian tersebut ketik sedang berlari, melakukan tendangan, hingga ketika melakukan pemanasan. Cedera hamstring ini biasanya cukup menjalani istirahat tanpa lakukan operasi khusus.

Tendinitis Achilles

Nama jenis cedera ini pernah populer di tahun 2000-an karena dialami oleh David Beckham. Kala itu ia terancam tidak bermain di Piala Dunia karena alami cedera saat bermain bersama Manchester United. Tendinitis Achilles merupakan peradangan dari tendon achilles yang menghubungan otot betis dengan tulang tumis. 

Cedera ini memang masuk dalam kategori sedang, namun jika tidak segera menjalani perawatan, cedera tendinitis achilles bisa menjadi kronis dan sulit disembuhkan. Jika sudah berat maka seseorang akan bisa bermain dalam waktu lama.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"