Hati-hati! Lama Tidak Olahraga, 5 Bahaya Ini Bisa Mengintai Otak Kamu, Salah Satunya Berkaitan Dengan Depresi

Hati-hati! Lama Tidak Olahraga, 5 Bahaya Ini Bisa Mengintai Otak Kamu, Salah Satunya Berkaitan Dengan Depresi

Olahraga  merupakan salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh. Tapi tidak melulu menurunkan berat badan, dari aktivitas itu juga kita bisa mendapat berbagai manfaat kesehatan terutama untuk kesehatan mental dan kesehatan otak . Sehingga sangat penting untuk memastikan tubuh banyak bergerak. Lantas kapan terakhir kali kamu olahraga?

Tanpa disadari, ternyata kurang olahraga juga bisa memberikan dampak yang membahayakan untuk otak kamu loh! Dikutip dari CNN Indonesia, Celina Nadelman, ahli cytopathology, membeberkan fakta bahwa 10 hari tanpa olahraga bisa mengakibatkan otak kehilangan fungsi kognitifnya. Berikut ini 5 bahaya yang mengintai otak jika lama tidak olahraga. Scroll ya!

1.    Susah Konsentrasi

Foto: Bahaya Kurang Olahraga (HelloSehat)

Salah satu dampak yang akan kamu rasakan jika terlalu lama tidak olahraga adalah susah konsentrasi. Kalau kamu merasa sudah sarapan, tidur cukup, tapi otak masih susah untuk fokus, itu berarti bisa jadi kamu kurang olahraga. Sebuah penelitian menyimpulkan olahraga singkat 10-40 menit mampu meningkatkan konsentrasi secara langsung. Bayangkan jika olahraga dijadikan kebiasaan atau dilakukan secara teratur, maka aliran darah kamu ke otak akan meningkat dan membuat otak tetap waspada.

2.    Pikiran Negatif Mendominasi

Selain bermanfaat untuk imun tubuh, olahraga juga membantu menghilangkan kelebihan emosi negatif dan menyediakan jalan keluar. Jadi ketika kamu merasa terus menerus berpikiran negatif seakan tidak menemukan solusi, mungkin kamu kurang olahraga. Oleh karena itu, segera lakukan olahraga sederhana apapun misalnya, latihan kardio, gerakan-gerakan ringan sampai intens jalan kaki.

3.    Kemampuan Mengingat Turun



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"