Hentikan Sekarang! Kebiasaan Langsung Urut Setelah Olahraga Berat Bisa Berakibat Fatal, Ini Kata Ahli

Hentikan Sekarang! Kebiasaan Langsung Urut Setelah Olahraga Berat Bisa Berakibat Fatal, Ini Kata Ahli

Setelah melakukan olahraga  berat, pasti tubuh mengalami kelelahan. Untuk menghilangkan lelah itu, beberapa dari kamu mungkin pernah berpikir untuk langsung dipijat  atau diurut. Ternyata, anggapan ini salah dan justru bisa membahayakan loh!

Melalui Instastorynya, dr. Tirta sempat memberikan pernyataan tentang hal ini. Sebagai informasi, dr. Tirta baru saja menyelesaikan perjalanan bersepeda seorang diri dari Yogyakarta ke Jakarta. Dia pun mendapat saran dari netizen untuk segera diurut.

Foto: Urut Setelah Olahraga (CNN Indonesia)

Tapi dokter yang juga pengusaha ini langsung bereaksi terkait hal tersebut. Dia mengatakan melakukan pijatan terhadap otot dan ligamen yang cedera justru akan membuat robekan semakin lebar. Dia pun menyarankan untuk rehat saja dan memberikan dukungan untuk tubuh melakukan recovery.

“Kenapa abis olahraga berat ga boleh di urut? Abis olahraga berat, otot dan ligament mengalami radang dan doms (delay onset muscle soreness). Jika diurut yang ada otot dan ligament bisa tambah lebar sobeknya. Tubuh kita udah punya mekanisme recovery. Kamu tinggal support yang bener,” kata dr. Tirta.

Senada dengan dr. Tirta, subspesialis bidang cedera olahraga dan artroskopi di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), Dr. Andi Nusawarta, M.Kes, Sp.OT (K) mengatakan pemijatan yang dilakukan saat mengalami cedera usai berolahraga dapat menyebabkan meningkatnya perdarahan.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"