Enggak Boleh Terlalu Ekstrem, Ini 5 Jenis Olahraga Yang Aman Untuk Penderita Kolesterol Tinggi

Enggak Boleh Terlalu Ekstrem, Ini 5 Jenis Olahraga Yang Aman Untuk Penderita Kolesterol Tinggi

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menurunkan kolesterol  adalah dengan olahraga . Namun saat memiliki riwayat kolesterol tinggi, ada beberapa olahraga yang tidak boleh dilakukan termasuk kegiatan yang ekstrem. Meski begitu, penderita kolesterol tinggi masih bisa melakukan olahraga lainnya. Apa saja olahraga yang aman untuk penderita kolesterol tinggi? Scroll yuk!

1. Berenang

Foto: Olahraga Untuk Kolesterol (SehatQ)

Berenang menjadi pilihan olahraga yang efektif untuk menurunkan kadar kolesterol karena merupakan jenis olahraga aerobik yang paling ramah untuk sendi. Walaupun seperti tidak berkeringat ketika melakukannya, namun kalori tubuh yang terbakar saat berenang terbilang sangat signifikan untuk membantu menurunkan kadar kolesterol tubuh. Tidak hanya itu, berenang juga baik untuk kamu yang ingin menurunkan berat badan. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa berenang menguntungkan pria salah satunya bisa menurunkan resiko kematian sampai 53 persen, dibandingkan orang yang malas bergerak.

2. Lari

Lari termasuk sebagai jenis olahraga yang bagus untuk menurunkan kolesterol dan meningkatkan kadar kolesterol baik dalam darah (HDL), sehingga membuat kolesterol total lebih terkontrol. Jika penderita kolesterol tinggi tidak punya masalah sendi, luangkan waktu untuk lari di sela-sela rutinitas. Tak perlu balapan, kamu hanya perlu berlari santai sejauh dua kilometer. Hal ini terbukti lebih baik dalam menurunkan kolesterol ketimbang lari cepat dalam jarak dekat. Selain menurunkan kolesterol, lari juga bisa menjaga tekanan darah agar tetap stabil.

3. Bersepeda



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"