Profil Eko Yuli Irawan, Dulu Gembala Kambing Kini Raih Medali di Olimpiade Tokyo 2020

Profil Eko Yuli Irawan, Dulu Gembala Kambing Kini Raih Medali di Olimpiade Tokyo 2020

Indonesia kembali meraih medali di Olimpiade Tokyo 2020 dalam cabang olahraga angkat besi. Sebelumnya, atlet muda Windy Cantika berhasil meraih medali perunggu, kini giliran Eko Yuli Irawan yang berhasil mengharumkan nama Indonesia dengan meraih medali perak di cabang olahraga angkat besi.

Eko Yuli Irawan turun di nomor angkat besi 61 kg putra dan berhasil mengumpulkan total angkatan 302 kg. Hasil tersebut membawa Eko berada di posisi kedua di bawah peraih medali emas asal Tiongkok, Li Fabin.

Catatan tersebut mengantarkannya menjadi atlet Indonesia pertama yang mampu meraih medali dalam ajang olahraga internasional. Dengan sederet raihan prestasi membanggakan, siapa yang menyangka jika Eko Yuli Irawan dulunya adalah seorang gembala kambing?

Eko Yuli Irawan (via Kompas)

Lahir dan besar di Lampung, Eko berasal dari keluarga kurang mampu. Ayahnya, Saman, adalah seorang pengayuh becak, sedangkan ibunya, Wastiah, bekerja sebagai penjual sayur.

Untuk menambah pemasukan keluarganya, laki-laki yang lahir pada 24 Juli 1989 ini bekerja sebagai pengembala kambing. Sebuah pekerjaan yang membuat sosok Eko menjadi pribadi yang bertanggung jawab.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"