Apakah Angkat Besi dan Angkat Berat Sama? Berikut Penjelasannya

Apakah Angkat Besi dan Angkat Berat Sama? Berikut Penjelasannya

Angkat besi dan angkat berat merupakan dua olahraga yang serupa namun tidak sama. Meskipun memiliki jenis gerakan yang hampir sama termasuk beban yang diangkat. Namun angkat besi dan angkat berat berbeda. Apa saja perbedaan angkat besi dan angkat berat?

Gerakan

Perbedaan pertama angkat besi dan angkat berat terlihat dari gerakannya. Angkat besi memiliki gerakan dengan mengangkat barbell di atas kepala yang disebut gerakan snatch dan clean and jerk. Lalu bagaimana dengan gerakan angkat berat? Angkat berat tidak ada gerakan vertikal di atas kepala. Gerakan hanya dikenal squat, bench press, dan deadlift.

Latihan

Kemudian dalam faktor latihan juga berbeda. Misalnya seorang atlet angkat besi harus latihan bagaimana cara menyeimbangkan kekuatan, kecepatan, dan fleksibilitas dalam mengangkat beban. Sementara angkat berat, seseorang hanya mengandalkan kekuatan saja.

Bedanya Angkat Besi dan Angkat Berat (Fimela)

Kecepatan

Angkat besi dan angkat berat berbeda dalam segi kecepatan eksekusi. Angkat berat dilakukan dengan tempo lambat sementara angkat besi mengangkat beban dengan sangat cepat. Seorang atlet angkat besi gagal mengangkat beban jika tidak membuka sambungan dengan urutan benar. 

Besaran Tenaga

Angkat besi dan angkat berat adalah olahraga yang sama-sama membutuhkan tenaga banyak. Apalagi jika harus mengangkat beban ratusan kilogram. Dalam angkat besi seseorang harus memiliki banyak tenaga daripada angkat berat, karena angkat besi membutuhkan banyak otot di tubuh atas dan bawah.

Memang atlet angkat besi lebih populer dibandingkan angkat berat. Atlet angkat besi  di Indonesia mayoritas memiliki postur tubuh yang tidak terlalu tinggi dibandingkan atlet dari cabang olahraga lain. Sebut saja Eko Yuli Irawan yang memiliki tinggi badan tidak sampai 160 cm karena hanya 157 cm. Tak hanya Eko, juara dunia angkat besi asal China, Li Fabin pun hanya 160 cm.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"