Deretan Fakta Unik Bola Resmi Piala Dunia 2022 Qatar, Nomor 3 Pasti Nggak Nyangka

Deretan Fakta Unik Bola Resmi Piala Dunia 2022 Qatar, Nomor 3 Pasti Nggak Nyangka

Piala Dunia 2022 Qatar masih terus disaksikan setiap pertandingan oleh pencinta sepak bola di seluruh dunia. Bicara soal Piala Dunia tak lengkap jika tak membahas tentang bola resmi yang digunakan selama ajang empat tahunan sekali itu. Paragram coba merangkum 5 fakta unik tentang bola resmi Piala Dunia 2022 Qatar.

Nama

Setiap bola resmi yang dipakai untuk Piala Dunia memiliki nama. Pada Piala Dunia 2022 bola resmi dinamakan Al Rihla. Al Rihla diambil dari bahasa Arab yang memiliki arti perjalanan. Desain bola terpengaruh oleh budaya Qatar, arsitektur, kapal ikonik, hingga bendera negara di timur tengah tersebut.

Sebelum Al Rihla masih ada bola resmi pada seri Piala Dunia lainnya seperti Teamgeist pada Piala Dunia 2006, Jabulani Piala Dunia 2010, Brazuca di Piala Dunia 2014 Brasil, dan Telstar yang digunakan di Piala Dunia Rusia 2018.

Deretan Fakta Unik Bola Resmi Piala Dunia 2022 Qatar, Nomor 3 Pasti Nggak Nyangka (Bola.net)

Teknologi

Sama seperti bola resmi Piala Dunia lainnya, Al Rihla memiliki teknologi yang cukup modern, misalnya ada pengukuran inersia yang menyediakan data untuk VAR atau Video Asisstant Referee dengan data pergerakkan bola yang akurat, misalnya jika bola sudah atau belum melewati garis gawang hingga membantu menentukan pemain offside atau tidak.

Dibuat di Indonesia

Bola Al Rihla diproduksi oleh PT Global Way Indonesia atau GWI. GWI merupakan perusahaan yang ada di Madiun, Jawa Timur. Perusahaan ini terbilang cukup baru karena memulai operasinya pada 2020. Perusahaan tersebut khusus membuat perlengkapan olahraga. 

GWI mendapatkan tender untuk memproduksi bola resmi Piala Dunia 2022 karena bekerja sama dengan apparel Adidas dan Puma. Tentu meskipun Indonesia tidak tampil di Piala Dunia namun bola buatan tanah air bisa tampil di ajang bergengsi tersebut.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"