Cek Fakta: Terlalu Banyak Olahraga Bisa Menganggu Kesehatan Mental, Begini Penjelasan Ahli

Cek Fakta: Terlalu Banyak Olahraga Bisa Menganggu Kesehatan Mental, Begini Penjelasan Ahli

Mungkin kamu sudah mengetahui kalau olahraga  memiliki banyak manfaat untuk kebugaran tubuh. Rutin olahraga juga akan menghindarkan kamu dari segala macam penyakit. Tapi ternyata, olahraga berlebihan juga bisa menggangu kesehatan mental , loh! Tidak percaya?

Dikutip dari laman KlikDokter, dr. Dyah Novita Anggraini mengatakan semua aktivitas yang dilakukan berlebihan tidaklah baik, termasuk olahraga. Beberapa orang cenderung melalukan olahraga dalam frekuensi dan durasi yang berlebihan agar tujuannya tercapai, misalnya untuk menurunkan berat badan.

Foto: Ilustrasi Olahraga Berlebihan (HelloSehat)

Padahal seharusnya, olahraga harus dilakukan dalam porsi yang tepat. Dr. Vita juga memberi contoh kasus bahwa olahraga dengan intensitas tinggi bisa meningkatkan gangguan di saluran pencernaan karena sel-sel di dinding tersebut mudah rusak. Sehingga, gangguan ini juga bisa memicu gangguan mental.

Peneliti dari Universitas Yale pernah mencari tahu seberapa banyak dan apa jenis olahraga yang baik untuk kesehatan mental. Hasilnya pun cukup mengejutkan. Partisipan yang olahraga sekitar 30-60 menit selama 3-5 kali per minggu, mendapat manfaat yang besar termasuk meningkatkan kesehatan mental.

Namun, partisipan yang olahraga lebih dari 90 menit setiap harinya atau lebih dari 23 kali sebulan, menunjukkan mereka memiliki kesehatan mental yang lebih buruk, bahkan dibandingkan dengan partisipan yang tidak berolahraga sama sekali.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"