Benarkah Kebanyakan Olahraga Bisa Ganggu Kesuburan Dan Berakibat Sulit Punya Anak? Begini Penjelasannya

Benarkah Kebanyakan Olahraga Bisa Ganggu Kesuburan Dan Berakibat Sulit Punya Anak? Begini Penjelasannya

Selain berguna untuk mengontrol berat badan dan membuat tubuh sehat, rutin olahraga  juga bisa membantu meningkatkan kesuburan  dan memperbesar peluang hamil. Tapi beredar kabar yang mengatakan kalau olahraga terlalu berlebihan justru bisa mengganggu kesuburan. Benarkah demikian?

Faktanya, terlalu banyak olahraga memang bisa memberi dampak buruk untuk kesehatan salah satunya menurunkan tingkat kesuburan sehingga memperkecil peluang untuk memiliki anak. Jadi walaupun punya manfaat untuk kesehatan tubuh, tapi bukan berarti kamu harus olahraga secara berlebihan ya!

Foto: Ilustrasi Olahraga Berlebihan (Alodokter)

Dikutip dari laman Alodokter, ada sebuah penelitian yang mengatakan bahwa melakukan olahraga intensitas berat lebih dari satu jam sehari bisa menghambat terjadinya ovulasi, yakni proses pelepasan sel telur yang sudah matang dari indung telur menuju tuba falopi untuk dibuahi.

Tubuh normalnya membutuhkan lemak dan energi untuk memproduksi hormon yang mengatur mekanisme ovulasi. Tapi kalau kamu olahraga berat dan berlebihan malah membuat tubuh kekurangan cadangan lemak dan energi tersebut. Sehingga, tubuh tidak mampu menghasilkan hormon yang dibutuhkan untuk ovulasi.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"