Belajar dari Kasus Justyn Vicky, Begini 5 Tips Mengangkat Barbel yang Benar

Belajar dari Kasus Justyn Vicky, Begini 5 Tips Mengangkat Barbel yang Benar

Binaragawan Justyn Vicky meninggal dunia setelah mengangkat barbel seberat 210 kilogram di Bali. Sempat dibawa ke rumah sakit dan menjalani operasi namun nyawanya tidak bisa tertolong. Saat mengangkat barbel butuh cara dan tidak boleh sembarangan. Berikut beberapa tips mengangkat barbel yang benar.

Pemanasan

Sebelum mengangkat barbel diwajibkan untuk melakukan pemanasan terlebih dulu. Sama seperti olahraga lain, pemanasan sebelum latihan angkat barbel bisa membuat peredaran atau sirkulasi darah menjadi lancar.

Otot tubuh juga mulai dipersiapkan agar saat mengangkat beban berat tubuh tidak cidera. Pemanasan yang bisa dilakukan antara lain melakukan gerakan sederhana, seperti meluruskan tangan, lari santau atau jogging, hingga lompat tali. 

Tips Mengangkat Barbel Agar Tidak Seperti Justyn Vicky (Gymfitnessindo)

Perhatikan Berat Barbel

Tips ini khusus untuk pemula yang mau memulai latihan mengangkat barbel. Sebaiknya di awal memulai latihan jangan mengangkat barbel atau beban yang sangat berat. Pilih berat barbel yang ringan dulu. Lakukan satu set  dengan 10 – 15 repetisi. Kemudian ditambah menjadi dua set perlahan hingga sampai tiga set.

Jika memang ingin menambah beban yang diangkat, pilih barbel yang beratnya lebih sedikit di atas berat barbel sebelumnya. Misalnya berat barbel pertama yang diangkat 5 kilogram, saat mencoba berikutnya bisa mengangkat barbel dengan berat 6 kilogram hingga 7,5 kilogram.

Kondisi Tubuh Harus Fit

Ade Rai mantan atlet binaraga Indonesia mengatakan jika kondisi tubuh harus dalam keadaan baik saat memulai angkat beban. Meskipun sudah melakukan pemanasan dan memperhatikan berat barbel pun jika kondisi tubuh sedang tidak baik bisa mempengaruhi saat mengangkat barbel. “Kita harus paham apakah tubuh kita siap atau tidak? Nggak boleh namanya kurang istirahat,” tegas Ade.

Didampingi Personal Trainer

Bagi kamu yang mau mengangkat barbel di pusat kebugaran, usahakan saat latihan meminta bantuan personal trainer. Personal trainer pasti mengetahui bagaimana trik saat melakukan angkatan barbel. Jika seseorang sudah lelah apa yang harus dilakukan, termasuk posisi tubuh yang tepat, tentu personal trainer mengetahui semuanya.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"