Bekal Ramadan: Olahraga Langsung Setelah Sahur, Amankah Dilakukan?

Bekal Ramadan: Olahraga Langsung Setelah Sahur, Amankah Dilakukan?

Biasanya setelah melakukan sahur, orang yang berpuasa memilih untuk salat subuh dan beraktivitas, termasuk ada yang tidur. Tapi apakah boleh setelah sahur langsung berolahraga? Bagi kamu yang mau melakukan olahraga setelah sahur  harus memperhatikan beberapa penjelasan.

Olahraga memang dianjurkan dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh kita. Tapi dalam kondisi berpuasa tentu tidak bisa olahraga dilakukan dengan sembarangan, mengingat sekitar 14 jam tubuh tidak mendapatkan asupan cairan dan makanan sehingga energi di dalam tubuh berkurang.

Terkait olahraga setelah sahur disarankan untuk tidak dilakukan,kenapa? Sebab perut masih penuh makanan sehingga jika tubuh berolahraga maka bisa memperlambat pencernaan dan mengganggu kinerja organ tubuh. Apabila mau berolahraga jangan dilakukan langsung setelah sahur melainkan beberapa jam setelah sahur, misalnya pukul 6-7 pagi.

Olahraga Setelah Sahur (Kompas Health)

Pilihan olahraga setelah sahur juga yang ringan seperti jalan kaki, senam ringan, atau yoga. Paling tidak olahraga tersebut masih membantu tubuh untuk tetap aktif dan tetap sehat sambil berpuasa. Durasi waktu untuk olahraga pada pagi hari jangan terlalu lama karena bisa membuat tubuh lemas, mengingat tidak bisa minum atau makan setelah berolahraga.

Waktu yang paling disarankan untuk berolahraga saat berpuasa pada sore hari atau sebelum buka puasa. Olahraga bisa dimulai sekitar 90 menit atau 60 menit sebelum waktu berbuka puasa. Tetap saja olahraga yang dilakukan adalah olahraga yang ringan seperti banyak peregangan atau pemanasan, mengangkat beban ringan, hingga jogging santai.

Waktu olahraga setelah berbuka puasa juga bisa dilakukan. Tapi tetap saja disarankan untuk tidak langsung melakukannya karena kondisi perut masih penuh dengan makanan. Olahraga setelah buka puasa diperbolehkan satu jam setelahnya, untuk menjaga berat badan agar tetap ideal meskipun berpuasa.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"