Bekal Ramadan: Bolehkah Minum Kopi Saat Sahur? Begini Fakta yang Harus Diketahui

Bekal Ramadan: Bolehkah Minum Kopi Saat Sahur? Begini Fakta yang Harus Diketahui

Tidak sedikit orang yang memilih minum kopi saat sahur. Alasannya dengan minum kopi bisa mengusir rasa kantuk sepanjang hari selama berpuasa. Tapi amankah minum kopi saat sahur? Marwati, Ners,M.Kep selaku dosen Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Ahmad Dahlan Cirebon, Jawa Barat menjelasannya kepada Paragram.

Marwati menjelaskan selama bulan Ramadan waktu paling tepat minum kopi saat buka puasa. Marwati mengimbau minum kopi sekitar 1 atau 2 jam setelah buka puasa atau pada malam hari dibandingkan saat sahur. “Sebelum minum kopi bisa diawali dengan minum air mineral dan makan makanan manis seperti kurma atau cemilan manis,” ujar Marwati.

Walaupun diperbolehkan minum kopi selama Ramadan tapi tentu tidak boleh terlalu banyak minum kopi. Sebab sejumlah efek samping karena kebanyakkan minum kopi bisa dialami tubuh, seperti sering buang air kecil, insomnia atau sulit tidur, gangguan sistem percernaan, penyakit asam lambung, hingga kegeliahan.

Minum Kopi Saat Ramadan (Kompas Health)

Minum kopi ketika sahur juga bisa membuat tubuh kekurangan cairan. Seperti disebutkan Marwati tadi jika minum kopi bisa memicu buang air kecil yang terlalu sering. Tentu sangat bebahaya apabila tubuh selama berpuasa tidak masuk cairan namun terus dikeluarkan melalui proses buang air kecil.

Berbeda jika minum kopi setelah buka puasa. Kalau memang buang air kecil cairan yang keluar dalam tubuh akan kembali terisi lagi karena bisa banyak minum sampai waktu sahur tiba keesokan paginya.

Makanya Marwati menyarankan dalam sehari cukup minum kopi satu gelas saja. Tidak semua kopi disarankan untuk diminum. “Kopi yang mengandung kafein rendah, misalnya kopi jenis arabika,” tambah Marwati.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"