Aturan Sprint Race MotoGP dan Cara Balapannya

Aturan Sprint Race MotoGP dan Cara Balapannya

Sprint race MotoGP pertama kali dilakukan pada musim balap 2023. Meskipun pada tahun 2022 lalu, desas-desus sprint race bakal dilakukan masih jadi pertanyaan. Dan ternyata Dorna, FIM, International Road Racing Tem Association bersama Motor Sport Manufacturer Association akhirnya meluncurkan sprint race di MotoGP 2023. Aturan sprint race MotoGP pun dibuat.

Awalnya banyak pencinta MotoGP yang menduga bahwa sprint race mirip dengan kualifikasi yakni balapan yang dilakukan pembalap untuk menentukan posisi atau starting grip untuk balapan keesokan harinya. Namun ternyata sprint race memiliki manfaat yang penting karena pembalap yang berhasil menang bisa mendapatkan poin dan mempengaruhi klasemen pembalap loh.

Sprint race biasanya dilakukan pada sehari sebelum balapan pada hari Minggu. Berarti sprint race berlangsung pada hari Sabtu, setelah sesi kualifikasi 1 dan 2 selesai. Biasanya sprint race rutin dilakukan pada pukul 15.00 WIB waktu setempat. 

Aturan dalam sprint race berbeda dengan balapan MotoGP. Jumlah lap yang harus dilakukan pembalap hanya setengah dari total lap pada balapan MotoGP. Misalnya balapan berlangsung 26 lap, maka sprint race hanya berlangsung sebanyak 13 lap saja.

Aturan Sprint Race MotoGP (detikSport)

Pembalap yang melakukan sprint race MotoGP memang tidak mempengaruhi posisi start pembalap untuk balapan keesokan harinya, namun pembalap akan dapat poin meskipun hanya setengah dari yang didapat dalam balapan. Pemenang sprint race akan dapat 12 poin, peringkat dua dapat 9 poin, dan peringkat tiga dapai 7 poin.

Kemudian pembalap yang berada di peringkat keempat sampai kesembilan akan mendapatkan jumlah poin sebesar 6,5,4,3,2,1. Karena cukup mempengaruhi klasemen pembalap MotoGP, para pembalap pun sangat serius menjalani balapan sprint race, khususnya para pembalap yang berada di tiga besar klasemen karena poin mereka cukup ketat.

Memang pihak penyelenggara MotoGP selalu melakukan inovasi supaya balapan MotoGP semakin seru, termasuk melakukan sprint race. Sprint race pun bakal menyiapkan podium dan perayaan yang tak kalah seru dan ramai seperti balapan MotoGP yang biasanya terjadi.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"