Apakah Jogging dan Lari Berbeda? Ini Penjelasannya

Apakah Jogging dan Lari Berbeda? Ini Penjelasannya

Jogging dan lari kadang disebut sebagai olahraga yang sama. Namun ternyata tidak lho. Apakah jogging dan lari berbeda? Meskipun baik jogging dan lari memiliki ragam manfaat untuk kesehatan tubuh. Jogging dan lari bisa membantu menjaga berat badan, membakar kalori untuk menurunkan berat badan, hingga membangun tulang yang kuat.

Melansir dari berbagai sumber, ternyata jogging dan lari atau running memang berbeda. Saat seseorang melakukan lari maka banyak menggunakan usaha dari otot dan jantung serta paru-paru, makanya orang yang suka berlari atau atlet pelari memiliki kebugaran tubuh yang prima.  Perbedaan lari dan jogging juga berbeda dilihat dari kecepatan jogging yang berkisar 6,4 – 9,7 kilometer per jam sementara lari lebih cepat dengan kecepatan minimal 9,7 kilometer per jam. 

Ada juga teori yang menjelaskan bahwa melakukan jogging dianggap lebih baik dibandingkan lari untuk kesehatan. Sebuah penelitian pada tahun 2015 lalu yakni Journal of American College of Cardiology mengatakan bahwa jogging dapat membuat umur seseorang lebih panjang sementara olahraga lari tidak. 

Apakah Jogging dan Lari Berbeda (Kompas.com)

Penelitian terkait apakah jogging dari lari berbeda didasari dengan adanya 5.000 peserta dan para peneliti mengamati langkah mereka. Kesehatan dan kematian dipantau selama 12 tahun ke depan. Dan hasil penelitian mengatakan bahwa 28 orang yang melakukan jogging masih sehat sementara 128 orang yang tidak melakukan jogging sudah meninggal.

Mengutip dari Kompas.com, seorang pelatih olahraga bernama Adnan Muyne mengatakan bahwa jogging identik memiliki irama yang cenderung seperti melompat sementara lari terdiri dari langkah yang panjang dan gerakan lengan yang menyertainya,makanya sering kali lari membutuhkan tenaga yang lebih besar dibandingkan jogging.

Kemudian saat melakukan jogging dan lari juga berbeda. Biasanya ketika seseorang berlari maka ia akan fokus berlari menatap ke depan, sementara seseorang yang melakukan jogging cenderung lebih santai. Mereka banyak melakukan jogging sambil mendengarkan musik atau malah berbincang dengan orang yang sama-sama melakukan jogging.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"