5 Klub Sepak Bola Terkaya di Indonesia, Punya Nilai Pasar Sangat Tinggi

5 Klub Sepak Bola Terkaya di Indonesia, Punya Nilai Pasar Sangat Tinggi

Klub sepak bola di Indonesia dimiliki oleh pengusaha dan mendapatkan suntikan dana dari para sponsor. Alhasil karena keuangan yang dimiliki klub tersebut besar sehingga beberapa klub sepak bola terkaya di Indonesia tercatat memiliki nilai pasar yang sangat besar. Klub-klub tersebut adalah klub besar yang ada di Indonesia dengan banyak prestasi yang sudah diraih. 

Persija Jakarta

Persija Jakarta menjadi klub sepak bola terkaya di Indonesia. Klub asal Jakarta ini disebut memiliki nilai pasar mencapai Rp 111,76 miliar. Saham klub yang berada di peringkat atas klasemen Liga 1 2023 ini dimiliki oleh pengusaha Nirwan Bakrie. Memang Nirwan tidak berada dalam manajemen Persija Jakarta.

Dengan uang yang melimpah, manajemen Persija Jakarta berhasil merekrut beberapa pemain top asal Eropa seperti Marco Motta yang pernah memperkuat Juventus, lalu Michael Krmencik, hingga memboyong pelatih asal Jerman Thomas Doll yang pernah melatih beberapa klub top di Liga Jerman.

Klub Sepak Bola Terkaya di Indonesia (Bola.net)

Persib Bandung

Di urutan ke-2 klub sepak bola terkaya di Indonesia ada Persib Bandung. Persib Bandung adalah klub yang menjadi musuh bebuyutan Persija Jakarta. Klub Persib Bandung memiliki nilai pasar mencapai Rp 90,3 miliar. Persib Bandung juga memiliki uang banyak untuk bisa membeli pemain top di Indonesia.

Sebut saja gelandang timnas Indonesia yang kini membela Persib Bandung, Marc Klok. Juga belum lama ini mendatangkan mantan pelatih timnas Indonesia Luis Milla asal Spanyol yang kini jadi nahkoda klub yang bermarkas di Stadion Gelora Bandung Lautan Api.

Bali United

Dari pulau Bali ada juara bertahan Liga 1 tahun 2022 yakni Bali United. Pengalaman Bali United di kompetisi sepak bola di Indonesia memang masih kalah jauh dibandingkan Persija Jakarta dan Persib Bandung. Namun Bali United langsung bertransformasi menjadi klub besar dengan uang yang banyak.

Menurut informasi Bali United memiliki nilai pasar mencapai Rp 86,82 miliar. Klub ini dimiliki oleh PT  Bali Bintang Sejahtera dengan CEO Yabes Tanuri. Saudara Yabes Tanuri, Piter Tanuri disebut jadi pemegang saham Bali United yang paling banyak saat ini. Beberapa pemain nasional juga memperkuat Bali United, seperti Ilija Spasojevic, Irfan Jaya, hingga Nadeo Agrawinata.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"