3 Tugas Utama Tim Mekanik di MotoGP

3 Tugas Utama Tim Mekanik di MotoGP

Peran tim teknisi atau mekanik MotoGP sangat penting dalam keberhasilan pembalap menjalani balapan. Tugas tim mekanik MotoGP tidak mudah. Setiap tim mekanik MotoGP dikepalai oleh seorang kepala mekanik yang bertanggung jawab mengatur para teknisi dan mekanik sebelum dan sesudah balapan.

Sebut saja nama kepala mekanik MotoGP yang terkenal seperti Santi Hernandez yang jadi kepala mekanik motor Marc Marquez, Christian Pupulin kepala mekanik motor Jack Miller. Esteban Garcia jadi kepala mekanik motor Maverick Vinales, Diego Gubellini kepala mekanik motor Fabio Quartararo, dan Cristian Gabarrini dari Ducati sebagai kepala mekanik Fransesco Bagnaia. Lalu apa saja tugas utama mekanik-mekanik dalam menyiapkan motor-motor para pembalap? Berikut penjelasannya. 

Bongkar Pasang Komponen Motor

Tugas pertama adalah membongkar dan memasang komponen motor MotoGP. Para teknisi mekanik motor biasanya mulai mempersiapkan settingan motor di garasi motor di sirkuit. Apa saja komponen yang dipasang, kemudian mereka coba, jika kurang sesuai harapan komponen motor diganti dan diubah agar kecepatan motor jadi lebih prima.

Para mekanik tentu memiliki banyak suku cadang lengkap untuk motor-motor yang akan balapan. Termasuk saat balapan berlangsung, para mekanik juga harus siap apabila pembalap dan motor mengalami masalah, misalnya kecelakaan atau terjatuh. Mekanik harus bisa mencari penyebab motor terjatuh dan memperbaiki kerusakan dalam waktu cepat. 

Tugas Utama Tim Mekanik MotoGP (Kompas.com)

Pemeliharaan Motor

Tugas mekanik MotoGP selanjutnya adalah memelihara motor. Tim mekanik ada yang khusus mengecek bagian-bagian komponen motor apa saja yang memiliki performa kurang baik. Tiap orang-orang bertanggung jawab mengurus masing-masing komponen motor yang harus dilakukan pengecekkan atau perawatan.

Misalnya ada yang bertanggung jawab mengurus ban, termasuk velg-velg ban dan memasangnya. Juga ada yang mengurus soal suspenti, serta komponen-komponen penunjang balapan yang ada di dalam motor harus tetap dalam kondisi baik-baik saja. Belum lagi ada yang mencuci motor supaya motor dalam kondisi garang di sirkuit, mencucinya juga nggak bisa sembarangan.

Mengatur Strategi dan Evaluasi

Pernah nggak melihat pembalap MotoGP sedang berbincang serius dengan seseorang di pit atau garasi? Nah biasanya orang tersebut adalah bagian dari tim mekanik. Tim mekanik membantu pembalap dalam mengatur strategi sebelum balapan dimulai. Tim mekanik memberikan data-data dan kondisi motor yang akan digunakan pembalap.

Saat balapan berlangsung para tim mekanik juga mendukung pembalap mereka berlaga di sirkuit. Usai balapan, biasanya tim mekanik juga menghampiri pembalap. Mereka berbincang soal kondisi motor saat digunakan dalam balapan, sekaligus melakukan evaluasi.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"