Bekal Ramadan: Hukum Buka Puasa Bersama Menurut Islam, Benarkah Bisa Hilangkan Pahala?

Bekal Ramadan: Hukum Buka Puasa Bersama Menurut Islam, Benarkah Bisa Hilangkan Pahala?

Bukber  atau buka puasa bersama merupakan salah satu agenda rutin yang diadakan setiap bulan Ramadan tiba. Bukber pun seakan sudah menjadi tradisi sendiri bagi warga Indonesia. Biasanya, bukber sering diadakan dengan teman-teman lama.

Maka dari itu, acara bukber ini tidak hanya sekadar makan bersama, melainkan bisa dijadikan sebagai momen bersilahturahmi yang justru bisa mendatangkan pahala. Tapi, bukber sering diperdebatkan tentang seberapa pentingnya.

Selain itu, ada sebagian orang yang bertanya-tanya terkait hukum buka puasa bersama atau bukber ini menurut Islam. Sebab ada beberapa pihak yang menyebut bahwa buka puasa bersama malah dapat mengurangi pahala berpuasa.

Ilustrasi Buka Puasa Bersama (Krusial)

Sebenarnya, tidak diketahui pasti kapan munculnya atau dimulainya tradisi buka puasa bersama di Indonesia. Tapi ada meyakini bahwa tradisi bukber ini sudah dilakukan sejak lama, bahkan puluhan atau ratusan tahun silam. 

Dikutip dari berbagai sumber, fakta ini didasari dari hadis Nabi Muhammad SAW yang menganjurkan buka puasa bersama (bukber) atau mirip dengan acara makan bersama, seperti yang dijelaskan dalam Hadis Abu Dawud.  

Meski tidak mewajibkan, tapi Rasulullah SAW menganjurkan untuk makan bersama karena hal ini bisa mendatangkan keberkahan. Awalnya, para sahabat Nabi Muhammad SAW bertanya, "Wahai Rasulullah, sesungguhnya kita makan tapi tidak kenyang?'."

Kemudian, Rasulullah balik bertanya, "Apa kalian makan sendiri?." Para sahabat pun menjawab, 'iya'. Mendengar itu, Rasulullah SAW lalu menjawab lagi, "Makanlah kalian bersama-sama dan bacalah Basmalah, maka Allah akan memberikan berkah kepada kalian semua." 



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"