Baru Dirilis! Lagu Kai EXO Malah Kena Blacklist K-Netz, Ternyata Alasannya Berkaitan Sama Ujian

Baru Dirilis! Lagu Kai EXO Malah Kena Blacklist K-Netz, Ternyata Alasannya Berkaitan Sama Ujian

Kai EXO resmi comeback solo dengan merilis lagu Rover pada 13 Maret lalu. Saat ini, main dancer grup EXO itu sedang gencar mempromosikan lagunya tersebut. Akan tetapi, belakangan netizen Korea (K-Netz) justru mencoba melakukan 'blacklist' terhadap lagu tersebut.

Tapi berbeda dari biasanya, istilah 'blacklist' ini bisa dikatakan tidak bernada negatif malah mendapat respon positif. Namun perlu diketahui bahwa larangan ini bukan larangan resmi dari instansi berwajib atau pemerintah ya! Melainkan larangan tidak resmi dari netizen.

Alasan blacklist itu pun begitu mencuri perhatian karena lagu Rover dianggap terlalu menarik. Pelarangan ini berkaitan dengan ujian The College Scholastic Ability Test (CSAT) yakni ujian wajib bagi siswa SMA yang akan melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi.

Lagu Rover Milik Kai EXO (YouTube)

 

Di mana, masa-masa persiapan untuk ujian CSAT adalah masa-masa yang mengundang stres. Salah satu cara warga Korea Selatan untuk menghilangkan stres atau 'pelarian' singkat sekaligus untuk motivasi namun tetap belajar adalah dengan mendengarkan musik.

Tetapi, mereka merasa ada lagu-lagu yang begitu menarik sampai berpotensi mengganggu produktivitas para siswa. Alhasil, mereka punya solusi untuk mem-'blacklist' (secara tidak resmi) lagu-lagu K-Pop yang dianggap terlalu membuat ketagihan menjelang dan selama periode ujian.

Hal ini juga membantu agar lagu-lagu menarik itu tidak terngiang di kepala para siswa. Baru-baru ini, banyak netizen yang menambahkan sejumlah lagu ke dalam daftar lagu yang 'diblacklist' karena terlalu catchy. Salah satunya adalah lagu Rover dari Kai EXO.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"