Artwork Album Baru Jeon Somi Diduga Hasil Plagiat Dari Manga Jepang Ini, Agensi Ambil Tindakan

Artwork Album Baru Jeon Somi Diduga Hasil Plagiat Dari Manga Jepang Ini, Agensi Ambil Tindakan

Jeon Somi akhirnya comeback setelah 2 tahun tidak mengeluarkan karya. Pada 7 Agustus 2023, solois kelahiran 2001 ini resmi merilis mini album bertajuk GAME PLAN. Di hari yang sama, Somi juga meluncurkan music video (MV) untuk lagu utamanya berjudul Fast Forward.

Namun di tengah comeback-nya yang sudah lama dinanti ini, Somi justru diterpa kontroversi karena adanya dugaan plagiat. Hal ini lantaran karakter ilustrasi yang muncul di MV Fast Forward mirip dengan karakter dari manga Jepang di tahun 1978 yakni Urusei Yatsura.

Netizen memperhatikan adanya kesamaan antara karakter di MV Somi dengan karakter Lumi dalam serial manga garapan Rumiko Takahashi tersebut. Jika dibalik, artwork itu sangat mirip meski ada sedikit perbedaan. Bahkan skema warnanya juga begitu mirip.

Artwork di Album Baru Jeon Somi (Berbagai Sumber)

Sontak saja, desain karakter ini memicu perdebatan online. Netizen bertanya-tanya apakah THE BLACK LABEL selaku agensi yang menaungi Jeon Somi memiliki hak untuk menggunakan gambar aslinya karena tampaknya karakter Somi mungkin dibuat melalui tracing.

Di mana, tracing adalah metode menggambar yang melibatkan penyalinan karya seni yang ada dengan menggambar di lapisan langsung di atas aslinya. Meski alat ini berguna bagi calon seniman untuk belajar, tapi itu dianggap plagiarisme bila digunakan secara komersial tanpa izin.

Terkait dugaan plagiarisme ini, pihak agensi THE BLACK LABEL akhirnya mengeluarkan pernyataan resmi pada 9 Agustus 2023. Setelah diskusi internal, THE BLACK LABEL mengaku baru menyadari jika karakter dalam MV tersebut memang memiliki kemiripan.

"Setelah video musik 'Fast Forward' Somi dirilis dari album EP-nya, kami langsung mengulasnya setelah mengetahui bahwa karakter animasi dalam video tersebut memiliki tampilan yang mirip dengan karya karakter yang berbeda," begitu pernyataan THE BLACK LABEL.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"